Peneliti Coba Mengungkap Sosok Raja Amenhotep I

Selasa , 11 Jan 2022, 02:21 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Mumi/ilustrasi
Mumi/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Para peneliti telah menggunakan teknologi digital untuk melihat mumi Raja Amenhotep I secara akurat. Mumi tersebut tetap terbuka di zaman modern sekarang ini.

 

Terkait

Dalam sebuah penelitian, pemindaian itu mengungkap rincian tentang penampilan dan mumifikasi raja Dinasti ke-18 itu. Raja ini memerintah Mesir dari sekitar 1525-1504 Sebelum Masehi (SM) dan merupakan putra pendiri Kerajaan Baru Ahmose I.

Baca Juga

Mumi Amenhotep, dihiasi dengan dekorasi pada pembungkus linen dan topeng pemakamannya. Mumi ditemukan bersama dengan raja dan ratu lainnya di sebuah cache di Luxor pada tahun 1881 dan dipindahkan ke Kairo.

Sebagai upaya untuk melestarikan dekorasi, Mumi Amenhotep adalah salah satu dari sedikit mumi kerajaan yang tidak dibuka secara fisik dan diperiksa di era modern, menurut studi di Frontiers in Medicine, jurnal medis peer-review.

Pada 2019, Egyptologist Zahi Hawass dan profesor Universitas Kairo Sahar Saleem menggunakan mesin computed tomography (CT) untuk membuka bungkusan mumi secara digital sebelum dipindahkan ke koleksi baru di Museum Nasional Peradaban Mesir Kairo.