Kilas Balik Deretan Pemain Muslim Terbaik di Piala Afrika

Rabu , 12 Jan 2022, 05:55 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Sepak Bola
Sepak Bola

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Piala Afrika (Africa Cup of Nations) atau disingkat AFCON masih menjadi salah satu dari sedikit turnamen besar di dunia sepak bola di mana di dalamnya terdapat pemain-pemain bintang yang tampil.

 

Terkait

Dalam sejarah turnamen kontinental Afrika tersebut, beberapa talenta Muslim terbaik di benua itu menggunakan AFCON sebagai platform untuk kesuksesan besar dalam karir mereka. Kompetisi dua tahunan edisi ke-33 ini telah dimulai pada Ahad (9/1), dengan menyuguhkan pertandingan antara tuan rumah Kamerun melawan Burkina Faso.

Berikut deretan pemain Muslim terbaik dalam sejarah kompetisi Piala Afrika, dikutip dari laman About Islam, Senin (10/1):

1. Rashidi Yekini (1963-2012)

Seorang pesepakbola profesional Nigeria yang dikenal sebagai salah satu striker top di benua Afrika. Meskipun setelah kematiannya pada 2012, Yekini masih tetap menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk negaranya. Karir profesionalnya, yang berlangsung lebih dari dua dekade, terutama terkait dengan Vitoria de Setubal di Portugal. Namun, ia juga bermain di enam negara lain selain negaranya sendiri.

Yekini mencetak 37 gol sebagai pemain sepak bola internasional Nigeria. Ia mewakili negara tersebut dalam tujuh turnamen besar, termasuk dua Piala Dunia di mana ia mencetak gol pertama negara itu dalam kompetisi tersebut. Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 1993.

2. Ezzaki Badou

Ezzaki Badou, 1959, akrab dipanggil Zaki. Dia adalah pensiunan pesepakbola Maroko yang berposisi sebagai penjaga gawang, dan manajer. Dia dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di Afrika.

Zaki mewakili AS Sale, Wydad AC, RCD Mallorca dan Fath Union Sport selama 17 tahun karir profesionalnya. Zaki bermain untuk tim nasional Maroko di Piala Dunia FIFA 1986 dan empat Piala Afrika.

Dalam turnamen yang diadakan di Meksiko, ia membantu negaranya ke babak 16 besar. Selain itu, penerima 76 caps penuh ini berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 1984. Pada 2006, Zaki dipilih oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika sebagai salah satu dari 200 pemain sepak bola Afrika terbaik dalam 50 tahun terakhir.

3. Mahmoud El Khatib

Pesepakbola kelahiran 1954 ini populer dengan julukan Bibo. Dia adalah pensiunan pemain sepak bola Mesir dan Presiden klub Al Ahly saat ini. Dia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Afrika.

El Khatib memainkan seluruh karirnya di Al Ahly, di mana ia memenangkan sepuluh Liga Premier Mesir, lima Piala Mesir, dua African Cup of Champions dan tiga African Cup Winners' Cup. Selain itu, ia memenangkan Piala Afrika 1986 bersama Mesir. Pada 2014, ia menjadi wakil presiden Al Ahly, sebelum terpilih sebagai presiden pada 2017.

4. Rabah Madjer

Rabah Mustapha Madjer, lahir 1958, adalah mantan pemain sepak bola Aljazair yang bermain sebagai striker. Dia mencapai ketenaran sebagai pemain Porto selama 1980-an, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola Aljazair terbaik sepanjang masa. Dengan klub itu, ia memenangkan sembilan gelar utama selama enam tahun, termasuk tiga kejuaraan nasional dan Piala Eropa 1987.

Salah satu pemain internasional Aljazair paling produktif dalam jumlah permainan dan gol, Madjer bermain di dua Piala Dunia bersama tim nasionalnya, mendorongnya untuk berpartisipasi pertama kali pada 1982.

5. Abdoulaye Traore

Pemain kelahiran 1967 ini dijuluki Ben Badi. Dia adalah mantan pemain sepak bola profesional Pantai Gading yang bermain sebagai penyerang. Dia mencetak 49 gol dalam 88 penampilan untuk Pantai Gading.

Dia membuat enam penampilan Liga Primeira untuk S.C. Braga. Pada 2015, ia menjadi duta The SATUC Cup, kompetisi sepak bola global amal baru untuk anak yatim, pengungsi, dan anak-anak kurang mampu U16.