Kemenag akan Bina Calon Haji yang Masuk Daftar Tunggu

Selasa , 11 Jan 2022, 22:40 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama tengah merancang skema pembinaan bagi calon haji yang masuk dalam masa tunggu.

 

Terkait

"Saya sudah memerintahkan jajaran direktorat untuk mendesainkan secara riil konsep untuk pembinaan jamaah tunggu, bukan hanya yang akan berangkat tahun depan tapi termasuk yang akan berangkat 20 sampai 30 tahun akan datang," ujar Dirjen PHU Hilman Latief dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan daftar tunggu jamaah haji Indonesia sampai hari ini rata-rata hingga 25 tahun. Kondisi ini tidak berbanding lurus antara jamaah yang berangkat dengan jamaah haji yang mendaftar setiap tahunnya."Artinya tahun menunggu itu akan semakin banyak dan semakin panjang karena rasio yang berangkat dengan rasio yang daftar tidak berbanding lurus," katanya.

Daftar tunggu ini, kata Hilman, harus dicari solusi bersama-sama demi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu.Kemenag akan merancang program-program pembinaan seperti sesi diskusi membahas tentang perhajian, masalah-masalah keislaman, hingga materi dasar Islam.

"Jadi, jamaah tidak hanya sekadar menunggu (keberangkatan haji)," kata dia.