Senin 17 Jan 2022 05:15 WIB

Sembilan Kisah Teladan Sahabat Ketika Remaja

Islam memikiki banyak tokoh teladan baik ketika kanak-kanak hingga dewasa.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Pertama, Arqam bin Abi Arqam (16 tahun)

Meski masih sangat muda, Al Arqam bin Abi Al Arqam mengubah rumahnya menjadi markas Nabi selama 13 tahun berturut-turut.

Dengan melakukan itu, ia membantu membesarkan generasi muslim pertama yang melindungi Nabi, membela iman, dan menyebarkan Alquran ke seluruh dunia.

Kedua, Talhah bin Ubaidillah (16 tahun)

Dia memeluk Islam di masa remajanya dan merupakan salah satu orang pertama yang percaya pada Islam. Talhah juga salah satu orang yang paling dermawan di antara umat Islam awal. 

 Dalam perang Uhud, ia berjanji kepada Nabi  bahwa ia akan mati di jalan Allah dan, dengan demikian, melindungi Nabi dari orang-orang kafir. Dia melindungi Nabi dari belati dan panah terbang dengan tubuhnya sendiri sampai salah satu jarinya patah. 

Namun, ia berhasil menyelamatkan nyawa Nabi. Dia juga salah satu dari enam orang yang dicalonkan Umar bin Khattab untuk memutuskan siapa yang akan menjadi khalifah berikutny 

Ketiga, Sa`d bin Abi Waqqas (17 tahun)

Pada usia 17 tahun, Sa`d adalah salah satu orang pertama yang percaya kepada Nabi dan menerima Islam. Dia juga orang pertama yang menembakkan panah untuk membela Islam. 

Dia adalah salah satu dari sepuluh orang yang menerima kabar gembira dari Nabi untuk masuk surga. Juga, dia adalah salah satu dari enam yang dicalonkan oleh Umar bin Khattab untuk memilih di antara mereka sendiri sebagai penggantinya setelah kematiannya. 

Suatu hari, Nabi (saw) menyebutnya sebagai mengatakan, “ Ini adalah paman dari pihak ibu Sa`d. Apakah ada orang yang memiliki paman seperti dia? ”

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement