Komisi VIII DPR Pertanyakan Perekrutan Tenaga Musiman Kesehatan di Saudi

Senin , 17 Jan 2022, 13:13 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Anggota Komisi VIII DPR RI, Endang Maria Astuti.
Anggota Komisi VIII DPR RI, Endang Maria Astuti.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR/RI, Endang Maria Astuti, mempertanyakan tenaga pendukung kesehatan musiman yang direkrut Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sebanyak 200 WNI yang tinggal di Arab Saudi sebelumnya disebut akan dilibatkan untuk mendukung pelaksanaan haji 1443 H/2020 M.

 

Terkait

"Tadi disampaikan ada perekrutan tenaga tambahan, 200 tenaga musiman (temus) di Arab Saudi. Apakah ini berbeda dengan yang direkrut Kementerian Agama?" ujarnya saat rapat kerja (Raker) bersama Komisi VIII DPR/RI, Senin (17/1).

Baca Juga

Anggota dari Fraksi Golkar ini juga mempertanyakan persiapan yang dilakukan Kemenkes terkait obat-obatan. Sebelumnya, disampaikan tenaga kesehatan akan membawa obat dari Indonesia ke Kerajaan Arab Saudi.

Endang mempertanyakan pertimbangan yang dimiliki Kemenkes dalam memutuskan hal tersebut. Ia menilai, hal ini nantinya akan berkaitan dengan pembahasan biaya perjalnan ibadah haji (Bipih).

"Apakah harus obat itu dibawa dari Indonesia? Karena kalau kita melihat, jamaah kita tidak sedikit yang lebih suka beli di sana, lebih manjur katanya," ucap dia.

Terakhir, ia mempertanyakan sejauh ini sudah berapa persen jamaah yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Dari pemeriksaan itu, ia meminta Kementerian Kesehatan memberi gambaran kondisi kesehatan jamaah Indonesia.