Selasa 18 Jan 2022 09:11 WIB

Akibat Erupsi dan Tsunami, Pulau Utama Tonga Alami Kerusakan Besar

Kerusakan besar dilaporkan terjadi di sepanjang pantai barat pulau utama Tonga.

 Dalam foto satelit yang diambil oleh Planet Labs PBC ini, sebuah pulau yang diciptakan oleh gunung berapi bawah air Hunga Tonga Hunga Ha
Foto:

Menteri Urusan Pasifik Australia Zed Seselja mengatakan kepolisian Australia telah mengunjungi pantai-pantai dan melaporkan adanya kerusakan signifikan dan "rumah-rumah terlempar".Resor pantai Ha'atafu di semenanjung Hihifo, 21 km arah barat dari ibu kota Tonga, Nuku'alofa, hancur total tersapu gelombang, kata pemiliknya di Facebook.

Dampak erupsi yang besar dirasakan hingga Fiji, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Jepang. Dua orang tenggelam di sebuah pantai di Peru utara akibat gelombang tinggi yang dipicu tsunami, sementara Jepang melakukan sejumlah upaya evakuasi.Pulau Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai tidak tampak setelah letusan, menurut citra satelit 12 jam kemudian.

Kondisi itu menyulitkan para ahli vulkanologi untuk memantau aktivitas yang tengah berlangsung.Gunung berapi yang sebelumnya pernah meletus pada 2014 itu terlihat menyemburkan asap selama satu bulan sebelum meletus pada Sabtu.Palang Merah mengatakan pihaknya sedang memobilisasi jaringan untuk merespons apa yang disebut "erupsi vulkanik terburuk" di Pasifik dalam beberapa dekade.

Upaya bantuan terkendala oleh putusnya komunikasi. Samiuela Fonua, kepala Tonga Cable, mengatakan dua jalur kabel komunikasi bawah laut putus dan tidak bisa diperbaiki sampai aktivitas vulkanik berhenti.Sumber: Reuters

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement