Selasa 18 Jan 2022 14:53 WIB

Cerita Jabir Haji Bersama Nabi Muhammad

Cerita Sahabat Rasulullah Jabir ra Haji Bersama Rasulullah nabi Muhammad.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Cerita Jabir Haji Bersama Nabi Muhammad. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Cerita Jabir Haji Bersama Nabi Muhammad. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Jabir ra berkata, "Nabi Muhammad SAW tinggal di Madinah al Munawwarah selama sembilan tahun dan beliau belum pernah menunaikan haji. Lantas diumumkan di depan khalayak ramai pada tahun kesepuluh hijriah bahwa Rasulullah SAW akan menunaikan ibadah haji. 

Maka berduyun-duyunlah orang datang ke Tanah Suci Madinah, masing-masing mengharapkan untuk berada di samping Rasulullah SAW dan mengerjakan amalan seperti yang dikerjakan beliau. 

Baca Juga

Kami kata Jabir, seperti ditulis Syaikh Sa'id bin Abdul Qadir Salim Basyanfar dalam kitabnya Al-Mughnie, pergi dari Madinah bersama Rasulullah SAW sampai jamaah semua tiba di Zul Khulaifah (Bir Ali) tempat Siti Asma binti' Umais melahirkan Muhammad bin Abu Bakar. 

"Lantas aku pergi kepada Rasulullah SAW dan bertanya, 'Apa yang harus aku kerjakan?" Rasulullah SAW bersabda:

"Mandilah kamu dan lakukanlah istitsar dengan baju dan ihram'lah"

Lantas Rasulullah SAW menunaikan shalat di dalam masjid Rasulullah SAW menunggangi unta Qusywanya dan tatkala unta tersebut sudah tenang berada di tanah datar dan lapang, Jabir melihat sejauh mata memandang di hadapan Rasulullah SAW manusia yang datang sambil menunggang dan berjalan.

Begitu juga di sebelah kanan, kiri, dan belakang beliau seperti itu pula, dan Rasulullah SAW berada di tengah-tengah kami semua dan turun Alquran kepadanya dan beliau paling tahu takwil Alquran itu. Segala yang beliau kerjakan, kami kerjakan juga. Beliau bersuara keras dengan membaca kalimat tauhid.

"Labbaik. Allahuma labbaik laa syarika laka labbaik Segala puji dan nikmat bagiMu, Ya Allah! Segala Kerajaan milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu.

Semua orang bersuara keras dengan bacaan talbiyyah mereka. Rasulullah SAW sendiri tidak mengingkari sesuatu pun dari ungkapan talbiyyah mereka, sedangkan beliau sendiri tetap dengan bacaan talbiyyah-nya.

Jabir RA berkata, "Kami semua tidak berniat lain kecuali untuk menunaikan ibadah haji. Kami semua sebelumnya tidak mengenal pelaksanaan umroh pada musim haji sehingga tatkala kami semua bersama.

Rasululah sampai di Baitullah, beliau mencium Hajar Aswad dan berjalan cepat dalam tiga putaran pertama dan berjalan biasa pada empat putaran berikutnya. Kemudian Rasulullah SAW menuju maqam Ibrahim seraya membaca ayat.

"Jadikanlah sebahagian maqam ibrahim tempat sholat." (al Baqarah: 125)

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement