Kebiasaan Abu Bakar di Pagi Hari yang Membuat Umar Penasaran

Jumat , 21 Jan 2022, 07:57 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat Rasulullah ﷺ, Umar bin Khaththab Radhiyallahu Anhu pernah membuntuti Abu Bakar Radhiyallahu Anhu di suatu pagi. Hal tersebut dilakukan Umar hendak mengetahui kegiatan yang dilakukan Abu Bakar itu setiap selesai shalat subuh.

 

Terkait

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, Ibnul Qayyim dalam kitab 'Raudhatul Muhibbin' menceritakan, bahwa Umar bin Khaththab Radhiyallahu Anhu pernah membuntuti langkah Abu Bakar Radhiyallahu Anhu di suatu pagi buta setelah shalat shubuh.

Baca Juga

Umar sebelumnya selalu melihat Abu Bakar meninggalkan masjid usai menunaikan shalat shubuh dan berjalan menyusuri lorong kota Madinah. Umar Radhiyallahu Anhu bertanya-tanya apa gerangan yang menyebabkan Abu Bakar Radhiyallahu Anhu berperilaku seperti itu. 

Kemudian pada suatu saat, Umar Radhiyallahu Anhu membuntuti Abu Bakar Radhiyallahu Anhu. Setelah sekian waktu berjalan, akhirnya Abu Bakar masuk ke dalam tenda terpencil di ujung lorong. Ketika Abu Bakar keluar dari tenda tersebut, Umar masuk ke dalam tenda itu dan mendapati seorang wanita tua miskin lagi buta, bersama beberapa puterinya.