Tantangan Peradaban Menurut Said Nursi

Senin , 24 Jan 2022, 19:27 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Peradaban (ilustrasi)
Peradaban (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Umat manusia  dinilai mendapatkan dua tamparan hebat dalam dua perang dunia yang menjungkirbalikkan peradaban tersebut. Pemikir dan ulama asal Turki, Badiuzzaman Said Nursi mengungkap, muka bumi akan kembali bersih dari segala yang mengotorinya.

 

Terkait

"Namun dengan izin Allah, kebaikan peradaban akan menang berkat kekuatan Islam yang akan memegang kendali pada masa mendatang,” kata Nursi dikutip dari dikutip dari bukunya yang berjudul "Khutbah Syamiyah: Manifesto Kebangkitan Umat Islam" terbitan Risalah Nur Press.

Baca Juga

Menurut Nursi, Kedamaian juga akan dirasakan oleh seluruh manusia. Karena, menurut dia, peradaban Eropa tidak berlandaskan pada kemuliaan dan petunjuk, tetapi berlandaskan pada keinginan dan hawa nafsu, kedengkian dan penindasan.

“Maka sampai sekarang keburukan peradaban lebih unggul dari kebaikannya,” jelas Nursi.

Nursi menuturkan, peradaban menjadi seperti sebuah pohon yang membusuk akibat ulat organisasi-organisasi revolusi yang anarkis. Ini merupakan petunjuk bahwa keruntuhannya semakin dekat. Ia juga merupakan indikator kuat terhadap keunggulan peradaban Asia (Islami) yang akan terwujud dalam waktu dekat.

“Jika orang-orang beriman dan orang-orang Islam dalam menghadapi masa depan telah membekali dirinya dengan sarana dan  prasarana untuk mencapai  kemajuan material dan spiritual, serta jalan menuju kebahagian masa depan itu lurus dan dapat dilalui  dengan mudah seperti rel kereta api, maka bagaimana kalian bisa terjerumus dalam keputusasaan dan melemahkan semangat dunia Islam?,” kata Nursi.