Kemenag: Belum Ada Travel Umroh di Kalsel Berangkatkan Jamaah

Senin , 24 Jan 2022, 21:50 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Jamaah Umroh melakukan tawaf selama musim pandemi Covid-19.
Jamaah Umroh melakukan tawaf selama musim pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan memastikan hingga kini belum ada perusahaan travel umroh di provinsi tersebut yang memberangkatkan jamaah.

 

Terkait

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi mengatakan ada 62 perusahaan travel haji dan umrah yang izinnya dari Kanwil Kemenag Kalsel, semuanya belum ada yang memberangkatkan jamaah, meski kepergian umrah dari Indonesia sudah dibuka Pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga

Menurut dia, setiap travel yang memberangkatkan jamaahnya pasti melapor dengan memasukkan nama jamaahnya melalui Sistem Informasi Penyelenggaraan Umrah dan Haji Khusus di Kanwil Kemenag Kalsel.

"Itu terekamnya biasanya kurang lebih tiga hari sebelum keberangkatan, sampai hari ini belum ada travel yang membuat laporan itu," ujar Rusbandi.

Padahal, kata dia, jamaah umrah di provinsi ini yang tertunda berangkat sejak ditutupnya pada tahun 2020 saat mulai ditetapkannya pandemi COVID-19 sebanyak 5.000 orang lebih."Yang diutamakan kan berangkat itu yang tertunda ini," ucapnya.