Laki-Laki Banyak dalam Surat An-Nisa, Ini Penjelasannya

Jumat , 28 Jan 2022, 04:31 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Agung Sasongko
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Surat An-Nisa, Allah berfirman, “Ya ayyuhannasu-ttaquu Rabbakumulladzina khalaqakum min nafsin waahidatin wa khalaqa minhaa zaujaha wa batssa minhuma rijaalan katsiran wa nisaa-an,”.

 

Terkait

Yang artinya, “Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak,”.

Baca Juga

Dijelaskan bahwa Allah SWT telah mendeskripsikan laki-laki dalam kelimpahan tanpa perempuan. Apa rahasia di balik itu semua?

Mantan Dekan Fakultas Agama Al-Azhar Syekh Mukhtar Marzuk Abdul Rahim pun menjelaskan sesungguhnya Allah mengetahui yang terbaik bahwa laki-laki adalah yang lebih baik untuk dikenali.

Beliau menyebut bahwa dengan kelimpahan itu, maka tidak ada salahnya apabila laki-laki dideskripsikan banyak. Hal ini disebut seperti peringatan bahwa apa yang pantas untuk laki-laki adalah publisitas dan ketenaran, sedangkan apa yang pantas untuk perempuan adalah sebaliknya.

Beliau mengutip pernyataan Ibnu Katsir dalam tafsirnya, bahwa ayat tersebut juga menjelaskan tentang persebaran manusia di berbagai negara dengan jenis dan karakteristik yang berbeda. Termasuk perbedaan bahasa, warna kulit, dan lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini