Rabu 02 Feb 2022 07:00 WIB

WHO: Terlalu Dini Nyatakan Menang Atas Pandemi 

Masih terlalu dini menyatakan menang atas pandemi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
WHO
Foto: VOA
WHO

IHRAM.CO.ID, JENEWA – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan negara-negara agar tak menyatakan keberhasilan atau kemenangan atas penanganan pandemi Covid-19. Menurutnya, hal itu masih terlalu dini untuk dilakukan.

“Masih terlalu dini bagi negara mana pun untuk menyerah atau menyatakan kemenangan (atas pandemi). Virus ini berbahaya, dan terus berkembang di depan mata kita,” kata Ghebreyesus kepada awak media di kantor WHO di Jenewa, Swiss, Selasa (1/2).

Baca Juga

Dia mengaku khawatir atas narasi di beberapa negara yang menyepelekan tingkat penularan Covid-19, terutama varian Omicron. “Narasi telah terjadi di beberapa negara bahwa karena vaksin dan karena transmisi Omicron yang tinggi serta tingkat keparahan yang lebih rendah, mencegah penularan tidak mungkin lagi, dan tidak lagi diperlukan,” ucapnya.

Dia menekankan, semakin banyak atau tinggi penularan Covid-19, berarti membuka kemungkinan lebih besar bagi peningkatan angka kematian. “Tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran,” ujar Ghebreyesus.

 

Ia mengingatkan, sejak Omicron pertama kali terdeteksi di negara Afrika bagian selatan 10 pekan lalu, hampir 90 juta kasus sudah dilaporkan ke WHO. Angka itu lebih banyak dibandingkan tahun 2020. Oleh sebab itu, dia menegaskan, upaya menghentikan rantai penularan masih sangat penting.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement