Jumat 04 Feb 2022 08:00 WIB

Garuda Buka Penerbangan Internasional dari Jepang ke Denpasar

Garuda Buka Penerbangan Internasional dari Jepang ke Denpasar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
 Garuda Buka Penerbangan Internasional dari Jepang ke Denpasar. Foto;   Pesawat Garuda Indonesia lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Garuda Buka Penerbangan Internasional dari Jepang ke Denpasar. Foto; Pesawat Garuda Indonesia lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi mulai melayani penerbangan internasional regular perdana ke Denpasar pada 2022 melalui rute Narita-Denpasar dengan armada A330-300. Hal tersebut sejalan dengan kembali dilayaninya penerbangan internasional melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

“Dilayaninya penerbangan internasional Narita-Denpasar ini menjadi momentum tersendiri atas akselerasi dan sinergitas seluruh stakeholder penerbangan dalam mendukung kebangkitan sektor ekonomi nasional, khususnya Bali yang merupakan salah satu kawasan ekonomi terpadu di Indonesia," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (3/2/2022). 

Baca Juga

Pada tahap awal, Irfan mengatakan penerbangan Narita-Denpasar akan melayani penumpang yang telah memiliki visa bisnis. Selain itu juga masyarakat yang telah memenuhi kriteria perjalanan lainnya sesuai dengan ketentuan perjalanan internasional yang berlaku di Indonesia.

"Rute penerbangan Narita – Denpasar tersebut dilayani satu kali setiap pekannya pada Kamis dengan nomor penerbangan GA 881," ujar Irfan. 

 

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari bandara internasional Narita pada pukul 09.15 LT dan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 16.00 WITA. Irfan mengatakan, pesawat yang dioperasikan untuk melayani penerbangan tersebut merupakan armada yang sebelumnya digunakan sebagai angkutan khusus kargo dengan rute penerbangan Denpasar-Narita melalui Manado yang beroperasi sebanyak satu kali setiap pekannya setiap Rabu.

Irfan menambahkan, layanan penerbangan tersebut merupakan bagian dari upaya memaksimalkan potensi pasar Narita, Jepang secara berkesinambungan. Begitu juga melalui pangsa pasar angkutan kargo yang difokuskan pada angkutan komoditas ekspor unggulan Bali melalui rute khusus penerbangan kargo Denpasar - Manado - Narita serta angkutan penumpang inbound menuju Indonesia melalui rute penerbangan Denpasar - Narita. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap pembukaan kembali Bali diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia sehingga lapangan kerja semakin luas untuk rakyat. “Semoga dengan dibukanya akses pintu masuk Internasional di Bali ini bisa membangkitkan perekonomian kita,” tutur Sandiaga

Sandiaga menjelaskan, pembukaan Bali menjadi kebijakan yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat. Selain itu dapat memahami kebutuhan masyarakat, khususnya pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi. 

“Tentunya kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif bersama seluruh pemangku kepentingan khususnya terkait dengan pemenuhan ketentuan regulasi dan kebijakan yang berlaku di masa adaptasi kenormalan baru ini," jelas Sandiaga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement