Senin 07 Feb 2022 13:31 WIB

Umm Jirsan, Gua Favorit Wisatawan di Saudi

Gua Umm Jirsan merupakan landmark alam yang penting di Arab Saudi.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Umm Jirsan, Gua Lava Terpanjang di Arab Saudi
Foto: Arab News
Umm Jirsan, Gua Lava Terpanjang di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  MADINAH -- Gua Umm Jirsan merupakan landmark alam yang penting di Arab Saudi. Lokasinya terletak di Harrat Khaybar, sebelah utara Madinah.

Gua ini berada di wilayah dengan cuaca sedang sepanjang tahun dan komposisi geologisnya yang unik, menjadikannya tujuan utama bagi wisatawan, penjelajah, peneliti, amatir, dan pejalan kaki dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga

Ahli geologi Abdul Aziz bin Laboun menjelaskan bahwa Umm Jirsan adalah gua lava bawah tanah yang panjang, miring dari timur ke barat, dengan banyak bukaan. Di dalamnya dapat ditemukan banyak terowongan dan alur sempit dan lebar, di samping hamparan basal hitam dan kalsit.

Gua ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter, lebar 45 meter, dengan ketinggian maksimum 12 meter, menjadikannya gua lava terpanjang di Saudi. Dikelilingi oleh banyak kawah dan gunung berapi, termasuk Jabal Al-Qadar, Jabal Al-Abyad, Jabal Al-Bayda dan Jabal Al-Aqar.

Air deras mengalir melalui lubang gua. Berbagai kandungan mineral mengalir bersama air diantaranya pasir, debu, dan tanah liat, dan beberapa tanaman dan pohon tumbuh di dalamnya. Bin Laboun menambahkan bahwa Umm Jirsan terasa dingin di musim panas dan hangat di musim dingin sehingga sangat diminati oleh manusia termasuk hewan untuk tinggal.

Ia mencontohkan, jejak manusia purba telah ditemukan di dalamnya, seperti alat-alat batu, tulisan dan gambar di bebatuan, selain tulang, tengkorak, dan fosil yang dipelajari menggunakan teknologi radiokarbon, yang berusia sekitar 7.000 tahun

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement