Senin 07 Feb 2022 20:20 WIB

Baznas dan Jateng Luncurkan Program Bantuan Usaha ZChiken

ZChicken merupakan salah satu program Baznas dalam memberi kesejahteraan mustahik.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan program bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di Pulau Jawa pada Senin (7/2). Hal ini dilakukan untuk mengangkat perekonomian keluarga dan mendorong kesejahteraan mustahik.
Foto:

Tak hanya menyiapkan bantuan usaha, Baznas juga membentuk kelompok usaha peternakan yang fokus dalam penyiapan bahan baku. Dengan begitu, nantinya para penerima usaha ZChicken akan mendapat bahan baku langsung dari peternak binaan Baznas.

Mereka yang akan mendapatkan bantuan usaha ini merupakan masyarakat yang mendaftar melalui laman resmi Baznas. Nantinya tim dari Baznas akan melakukan peninjauan untuk memastikan masyarakat yang menerima manfaat sudah sesuai kriteria.Noor berharap dengan penyiapan program dari hulu ke hilir ini memperkuat ekosistem pemberdayaan, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk pengembangannya, Baznas juga membangun ekosistem bisnis ZChicken milik mustahik dari hulu ke hilir di antaranya peternakan ayam, Rumah Potong Ayam (RPA), dan pusat distribusi," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik program Baznas yang dihadirkan di Jawa Tengah dan beberapa daerah lain. Menurutnya, upaya ini sangat baik untuk mendorong perekonomian keluarga di masa pandemi.

Ganjar berharap program ZChicken dapat membantu masyarakat miskin untuk lebih baik lagi dari sisi perekonomian, dan dana zakat, infak, serta sedekah yang disalurkan melalui Baznas dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas."Ini bisa mendorong perekonomian di tengah pandemi, masyarakat tidak resah dan bisa mendorong wirausahawan-wirausahawan baru," kata Ganjar.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement