Satgas Harap Kasus Covid-19 Turun Sebelum Ramadhan dan Idul Fitri

Selasa , 08 Feb 2022, 20:00 WIB Reporter :Dessy Suciati Saputri/ Redaktur : Ani Nursalikah
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Satgas Harap Kasus Covid-19 Turun Sebelum Ramadhan dan Idul Fitri
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Satgas Harap Kasus Covid-19 Turun Sebelum Ramadhan dan Idul Fitri

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, penambahan kasus telah terjadi di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan di beberapa provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, dan juga Bali telah mengalami kenaikan kasus harian yang melampaui kasus harian pada puncak gelombang kedua.

 

Terkait

Karena itu, Wiku berharap agar kenaikan penambahan kasus positif di Indonesia inipun dapat segera ditekan sebelum memasuki periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca Juga

“Terkait dengan kondisi kasus diharapkan dapat menurun segera bahkan sebelum periode Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Wiku saat konferensi pers, Selasa (8/2/2022).

Ia menegaskan, laju penambahan kasus dapat ditekan jika pemerintah dan masyarakat bersama-sama memaksimalkan upaya pencegahan penularan virus melalui disiplin protokol kesehatan. Saat ini, pemerintah masih terus memantau tren penambahan kasus dalam beberapa waktu ke depan untuk menentukan terjadinya gelombang baru kasus Covid-19 atau tidak.

Pemantauan ini dilakukan dengan memperhatikan beberapa parameter penilaian, seperti transmisi komunitas, kapasitas respons, dan juga laju vaksinasi per kabupaten kota. “Pada prinsipnya untuk bisa menjustifikasi adanya gelombang baru kasus Covid-19, pemerintah masih harus terus memantau tren kasus selama beberapa waktu ke depan beriringan dengan evaluasi level PPKM secara berkala,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini