Senin 14 Feb 2022 21:40 WIB

KH Abdul Madjid Guru Para Ulama Betawi (II)

KH Abdul Madjid merupakan seorang ulama besar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Masjid Langgar Tinggi, Pekojan.
Foto:

Suatu pagi, tukang kain mengundang kawannya itu untuk datang ke rumahnya. Si tukang cukur pun menyambangi rumah temannya itu. Hari beranjak siang. Sekitar sejam sebelum azan Zhuhur berkumandang, tukang kain mengajak si tukang cukur untuk ke masjid.

Karena merasa sungkan apabila menolak, sang tamu menurut saja. Sesampainya di masjid, keduanya sempat terpisah. Si tukang cukur terkejut karena menyaksikan masjid itu penuh sesak orang-orang yang berpakaian rapi. Banyak pula di antara mereka yang memegang kitab.

Tukang pangkas rambut ini merasa kurang nyaman. Sebab, dirinya memasuki masjid dengan pakaian ala kadarnya, seperti orang mau ke pasar saja. "Astagfirullah, ini para kiai, mau ngapain? Kalau mau mengaji, siapa gurunya?tanyanya dalam hati."

Lebih terkejut lagi tukang cukur itu saat menyaksikan si tukang kain duduk mengambil posisi di mimbar masjid."Ya Karim, siapa ini orang? Kokdia berani-beraninya duduk di tempat guru?"katanya.

Maka, tersadarlah ia kemudian. Kawan yang dijumpainya sehari-hari berdagang kain ternyata adalah guru para kiai itu. Dan, namanya adalah KH Abdul Madjid. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement