Sabtu 19 Feb 2022 21:45 WIB

Erick Thohir Ajak Diaspora Promosikan Produk Unggulan Indonesia di Luar Negeri

Erick Thohir mengajak para diaspora Indonesia untuk mempromosikan produk unggulan RI.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (kiri) Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan (kanan) berfoto bersama usai berbincang bersama Diaspora Indonesia di Menara BNI, Jakarta, Sabtu (19/2/2022). Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya BUMN melalui BNI mendorong Diaspora Indonesia untuk bisa lebih mengembangkan produk UMKM ke dunia serta bantuan program Indonesia Diaspora Network (IDN) di Hongkong, bantuan pendidikan bagi pekerja migran di Korea Selatan dan bantuan promosi produk Indonesia pada vending machine food di Tokyo.
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (kiri) Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan (kanan) berfoto bersama usai berbincang bersama Diaspora Indonesia di Menara BNI, Jakarta, Sabtu (19/2/2022). Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya BUMN melalui BNI mendorong Diaspora Indonesia untuk bisa lebih mengembangkan produk UMKM ke dunia serta bantuan program Indonesia Diaspora Network (IDN) di Hongkong, bantuan pendidikan bagi pekerja migran di Korea Selatan dan bantuan promosi produk Indonesia pada vending machine food di Tokyo.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengajak para diaspora Indonesia untuk mendukung, menaikkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia di luar negeri.

"Dengan segala kerendahan hati saya memohon kepada para diaspora Indonesia untuk menanamkan Merah Putih dengan menaikkan budaya kita, menaikkan produk-produk unggulan kita di mancanegara. Kenapa tidak kita saling membantu," ujar Erick Thohir dalam Silaturahmi BUMN dengan Diaspora Indonesia secara virtual di Jakarta, Sabtu (19/2/2022).

Baca Juga

Menteri BUMN mencontohkan bagaimana produk-produk UMKM Indonesia buktinya bisa masuk ke salah satu toko suvenir terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) dengan bantuan jaringan diaspora Indonesia di sana.Selain itu Erick Thohir juga sempat dikontak oleh seorang diaspora Indonesia dari Jepang yang kebetulan memiliki supermarket. Kalau memang diaspora itu bisa juga membuka jaringan untuk produk-produk Indonesia di supermarket yang berada di Jepang, hal ini bagus bagi produk Indonesia.

"Saya juga bertemu dengan diaspora Indonesia di Amerika Serikat yang sekarang merupakan salah satu pemain besar industri udang di AS. Kenapa kita tidak rajut," katanya.

 

Menteri BUMN melihat pentingnya membangun ekosistem dengan kekuatan bangsa Indonesia, mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang kuat untuk mendukung. Selama ini SDA Indonesia lebih banyak dimanfaatkan oleh bangsa lain untuk pertumbuhan ekonomi mereka."Kenapa SDA kita yang kuat dipakai oleh diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri, oleh bangsa kita sendiri. Ini yang kita lakukan," kata Erick Thohir.

Di samping itu Pasar Indonesia yang juga besar bisa menopang produk-produk unggulan dalam negeri tersebut. Selain unggul di dalam negeri, produk-produk Indonesia juga bisa menjadi produk unggulan di pasar luar negeri seperti Nigeria dan Filipina."Hal-hal ini bisa dilakukan, karena kita memiliki SDA dan pasar tinggal merajut jaringannya agar semakin kuat," ujar Erick Thohir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement