Senin 21 Feb 2022 20:20 WIB

Komunitas Muslim Alberta Kini tak Sulit Membeli Rumah

Komunitas Muslim Alberta, kini tak alami kesulitan membeli rumah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslimfest di Kanada dibanjiri ribuan umat muslim dan warga Kanada.
Foto:

Omar mengatakan, program serupa sebetulnya sudah ada di bagian lain Kanada. Tetapi, di Alberta penggelolaannya tidak memiliki persetujuan yang sama dan pengawasan ketat dari para pemimpin Muslim.

Salama ini, ia menyebut termasuk orang-orang yang memilih untuk menyewa rumah. Dengan adanya program tersebut, ia dengan lantang berkata bisa memiliki rumah sendiri, menjaga iman dan tidak harus terlibat dengan riba atau bunga.

Untuk saat ini, program tersebut hanya beroperasi di Alberta, tetapi telah memproses ratusan aplikasi atau permintaan. 

Masjid Al Rashid selama bertahun-tahun telah bekerja dan berupaya untuk menemukan kendala pembiayaan yang mencegah Muslim membeli rumah. Bersama dengan Thomas Lukaszuk dan John Stainton, masjid mengembangkan program yang sesuai dengan hukum Syariah.

Lukaszuk merupakan mantan MLA dan wakil perdana menteri. Sementara Stainton, adalah seorang pengacara dan eksekutif utama di perusahaan pembiayaan. "Akhirnya kami memiliki keluarga yang bukan penyewa seumur hidup. Mereka sekarang bisa mewariskan rumah kepada anak-anak mereka dan memiliki rasa bangga memiliki rumah sendiri," kata Lukaszuk.

 Tidak seperti perjanjian dengan bank di mana pembayaran yang gagal berulang kali akan menyebabkan penyitaan, dia mengatakan perusahaan memiliki proses mediasi melalui pemimpin spiritual untuk menyelesaikan masalah yang timbul.

 

"Tantangan terbesar kami saat ini bukanlah pemrosesan dan pembiayaan, tetapi sebenarnya klien kesulitan menemukan rumah di pasar karena ada kurangnya stok,” lanjutnya.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement