Selasa 22 Feb 2022 16:33 WIB

Tujuh Fakta Seputar Isra Miraj, Apa Saja?

Ada banyak fakta tentang peristiwa Isra Miraj.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Isra Miraj Rasulullah SAW.
Foto:

Pertama, terkait perjalanan Isra. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hanya dalam waktu singkat yaitu tidak melebihi sebagian malam.

Kedua, tentang Miraj. Setelah perjalanan Isra, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, lalu dilanjutkan dengan perjalanan ke langit tertinggi dan ini semua terjadi dalam satu malam.

Ketiga, mengenai kapan peristiwa Isra Miraj. Para ulama berbeda pendapat soal ini. Namun pendapat yang paling kuat ialah peristiwa Isra Miraj terjadi sebelum hijrah Nabi SAW pada tahun ke-10 misi kenabian beliau.

Keempat, mengenai hikmah dari perjalanan Isra Miraj. Perjalanan ini merupakan pemberian dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW setelah beliau SAW menghadapi berbagai ujian dengan umatnya. Isra Miraj juga untuk menghibur Rasulullah SAW saat beliau kehilangan istri tercintanya, Khadijah, dan pamannya, Abu Thalib.

Kelima, Isra Miraj adalah untuk menguji keimanan umat Muslim. Siapa yang menyadari keagungan Allah SWT yang memiliki kuasa atas segala hal, maka tentu membenarkan perjalanan Isra Miraj. Hal ini pulalah yang dilakukan sahabat Rasulullah SAW, Abu Bakar RA.

Saat berita perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit menyebar, Abu Bakar RA berkata, "Jika dia berkata demikian, maka itu benar."

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement