Rabu 23 Feb 2022 20:31 WIB

Uji Coba Jalur Cibatu-Garut Bakal Libatkan Warga

Rencana pengoperasian lintas Cibatu-Garut secara resmi masih belum bisa dipastikan.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agung Sasongko
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).
Foto: Diskominfo Garut
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).

IHRAM.CO.ID,  GARUT -- PT Kereta Api Indonesia atau KAI (persero) menguji coba kereta api di jalur Cibatu-Garut pada Kamis (24/2/2022). Dalam uji coba itu, KAI mengajak warga mencoba jalur tersebut.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardoyo, mengatakan, warga dapat ikut merasakan perjalanan KA di jalur Cibatu-Garut secara gratis. Nantinya, warga yang diajak mengikuti uji coba jalur itu akan dipilih melalui sistem undangan terbatas.

Baca Juga

"Perjalanan uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemkab Garut. Setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis, akhirnya diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba pada Kamis (24/2/2022)," kata dia melalui siaran pers yang telah dikonfirmasi Republika, Rabu (23/2/2022).

Ia menyebutkan, terkait rencana pengoperasian lintas Cibatu-Garut secara resmi masih belum bisa dipastikan. Hingga saat ini, PT KAI masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses.

Kuswardoyo menjelaskan, uji coba dengan melibatkan warga dilakukan secara terbatas melalui undangan karena adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi. PT KAI juga menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 saat uji coba.

Perjalanan uji coba gratis akan menggunakan rangkaian kereta yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3, yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan relasi Garut-Pasar Senen (Jakarta). "Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (PP) ini adalah perjalanan uji coba, bukan launching pengoperasian KA," ujar Kuswardoyo.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement