Jumat 25 Feb 2022 16:30 WIB

Yuk, Persiapkan Diri Sambut Ramadhan

Bulan Rajab sebaiknya dihabiskan dengan berpuasa sunah sebelum datangnya Ramadhan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Ramadhan
Foto:

Selain memohon ampunan Allah SWT, bulan Rajab juga sebaiknya dihabiskan dengan berpuasa sunah, sebagai latihan sebelum menghadapi Ramadhan. “Di bulan ini, sebaiknya kita mulai menghidupkan kembali puasa Senin dan Kamis, dan puasa pada hari-hari Sunnah, tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan. Mulai puasa dan biasakan puasa,” ujar Syeikh abad ke-9 itu. 

Dalam bulan Rajab, Al-Warraq menyarankan untuk melatih diri untuk menahan diri dan mengontrol nafsu, baik dari makanan maupun minuman yang tidak sehat atau tindakan dan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Ketika Anda menantang nafsu Anda sendiri, dan kemudian meningkatkannya di bulan Syaban, ketika Anda tiba di bulan Ramadhan, Anda akan dapat menjadi begitu kuat sehingga Anda akan mengendalikan nafsu Anda ke tingkat yang Anda akan mampu menghentikan diri Anda sendiri dari berbuat dosa,” tuturnya. 

 

“Itulah yang dilakukan puasa. Ketika Anda berpuasa, Anda akan meninggalkan segalanya. Anda meninggalkan makan, meninggalkan minum dan meninggalkan hubungan Anda. Dan jika Anda melakukannya dan mengendalikan diri, maka itulah kunci untuk menghentikan Anda dari berbuat dosa,” pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement