4 Lokasi Favorit yang Bisa Dikunjungi Selama Ziarah ke Madinah

Jumat , 25 Feb 2022, 16:45 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Masjid Nabawi, Madinah tempat makam Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab berada.
Masjid Nabawi, Madinah tempat makam Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab berada.

IHRAM.CO.ID, — Meskipun mengunjungi Madinah bukan bagian dari haji rukun atau syarat, banyak jamaah memastikan tidak pernah melewatkan untuk mengunjungi kota tempat Rasulullah Muhammad SAW hijrah ini.  

 

Terkait

Muslim sangat mencintai kota yang dikenal sebagai kota Nabi SAW. Di sini Rasulullah SAW tinggal, menyebarkan Islam dan meninggal. 

Baca Juga

Tak hanya Masjid Nabawi sebagai masjid pertama di Madinah, jamaah haji dan umrah juga sering berkunjung di banyak tempat lainnya. Empat tempat favorit melansir laman aboutislam.net di antaranya sebagai berikut: 

Pertama, Makam Nabi Muhammad SAW 

Nabi Muhammad SAW dimakamkan di sebuah ruangan dekat Masjid Nabawi. Kemudian perluasan masjid melekatkan letak makam Rasulullah SAW dalam Masjid Nabawi.

Muslim mengunjungi dan menyapa Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhuma. Keduanya dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW. 

Kedua, Pemakaman Baqi

Berziarah kubur adalah pengalaman spiritual yang luar biasa. Ini melembutkan hati dan mengingatkan kita pada kehidupan selanjutnya. 

Baqi' merupakan makam bagi sebagian besar istri Nabi dan banyak sahabat beliau yaitu dibangun Rasulullah ketika mendekati Madinah dalam perjalanan hijrah.  

Ketiga, Masjid Quba 

Menurut sebuah hadits, seorang Muslim mendapatkan pahala umroh jika membersihkan diri di rumah lalu sholat di Masjid Quba.  

Keempat, Bukit Uhud 

Di bukit ini, jamaah dapat mengenang pertempuran kedua dalam Islam ketika orang-orang musyrik mencoba menyerang Madinah. Jamaah dapat mengunjungi makam 70 sahabat yang mati syahid dalam membela Islam dan Nabi Muhammad SAW.

 

Sumber: aboutislam   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini