Senin 28 Feb 2022 13:36 WIB

Arab Saudi Segera Renovasi Besar-besaran Jeddah

Putra Mahkota Arab Saudi meresmikan proyek Jeddah Central senilai 20 miliar dolar AS.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Proyek pembangunan Pulau Al-Nawras di Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi Segera Renovasi Besar-besaran Jeddah
Foto: Saudi Gazette
Proyek pembangunan Pulau Al-Nawras di Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi Segera Renovasi Besar-besaran Jeddah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Proyek renovasi besar-besaran Jeddah, Arab Saudi akan segera dilakukan. Ini ditujukan untuk mengubah kota pelabuhan Laut merah itu menjadi salah satu yang paling layak huni di dunia pada akhir dekade ini. 

Pada Desember 2021, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meresmikan proyek Jeddah Central senilai 20 miliar dolar AS. Nantinya, renovasi dilakukan dengan mengubah dan merevitalisasi sekitar 5,7 juta meter persegi tepi laut yang indah, membentang ke utara dari Istana Al-Salam hingga pabrik pengolahan air kota.

Baca Juga

Dilansir Arab News, pengembangan Jeddah juga mencakup gedung opera dan stadion olahraga. Selain itu, akan ada lebih dari 17 ribu unit perumahan, 2.700 kamar hotel, pantai, dan beberapa ruang hijau yang mencakup sekitar 40 persen dari area proyek. 

 

Fase satu akan mencakup pembuatan salah satu pantai umum terbesar di Jeddah dengan dermaga, marina, taman, dan taman bermain di sepanjang kawasan pejalan kaki, yang semuanya dijadwalkan selesai pada 2027. Tahap dua, yang diharapkan selesai pada 2030, mencakup sejumlah fasilitas utama, termasuk ruang hijau, sumber daya pendidikan yang inovatif, masjid yang menggabungkan desain modern dan tradisional, perpustakaan, teluk karang, dan museum yang dilengkapi teknologi pintar. 

Menurut situs web proyek, fase ketiga yang dilakukan setelah 2030, akan lebih meningkatkan fasilitas dengan penambahan fasilitas kesehatan yang dirancang dengan standar internasional tertinggi. Sementara distrik yang berpusat pada inovasi dan budaya akan memberikan pengalaman kelas dunia.

Jeddah memiliki sejarah panjang sebagai kota. Sekitar 3.000 tahun lalu, di wilayah ini adalah sebuah desa nelayan kecil. Namun, setelah beberapa abad, di sana terdapat pelabuhan internasional utama, serta menjadi bagian dari rute utama perjalanan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji dan umroh. 

Di era Islam pertama, selama kekhalifahan ketiga setelah kematian Nabi Muhammad SAW, Utsman bin Affan mendeklarasikan Jeddah sebagai pelabuhan pintu gerbang ke kota suci Mekah. Namun, sampai oleh Ibn Saud (Raja Abdulaziz) dari Hijaz pada 1925 ke dalam kerajaan Najd, Jeddah mendapat perhatian khusus yang layak.

Para perencana proyek Jeddah Central telah mengambil inspirasi dari sejarah kota yang kaya dan identitas budaya yang berbeda. Ini juga ditujukan memberi penghormatan kepada keragaman modern dan mengakui potensi masa depan sebagai tujuan global.

Pemerintah Arab Saudi ingin melestarikan, memperbarui, atau menggunakan kembali landmark yang ada, termasuk pabrik pengolahan air tua di Jeddah. Termasuk juga rumah sakit pemerintah dan stadion sepak bola yang dapat menampung hingga 24.000 penonton.

“Lokasi Tahlia (pabrik pengolahan air) adalah milik negara seperti yang lain, dan tidak ada pengambilalihan tanah karena akta tanah milik negara telah dialihkan ke Dana Investasi Publik,” ujar Ahmed Al-Sulaim, CEO Jeddah Central Development Company, dalam sebuah pernyataan saat wawancara dengan Al -Saluran berita Ekhbariyah.

Pabrik pengolahan air akan diubah menjadi museum yang memamerkan warisan industri Kerajaan, sejarah pencarian air bersih selama bertahun-tahun, dan hubungannya dengan laut.

Bagi Musaed Al-Ghamdi, seorang arsitek Arab Saudi, nilai terbesar dari situs pengembangan unik ini adalah prioritas utama. Ia mengatakan bahwa area yang dicakup oleh proyek Jeddah Central adalah salah satu petak tanah milik pemerintah yang paling canggih di kota itu, senilai lebih dari 25 miliar dolar AS.

Fasilitas dan atraksi yang diharapkan akan dibangun sebagai bagian dari pembangunan akan menarik pendapatan tambahan ke daerah dan membantu meningkatkan standar hidup penduduk. Dengan beberapa proyek pembangunan yang sedang berlangsung di Jeddah, Al-Ghamdi yakin bahwa salah satu tujuan proyek Jeddah Central adalah menyediakan perumahan untuk memenuhi kebutuhan generasi baru profesional muda dan meningkatkan standar kehidupan perkotaan secara keseluruhan.

“Begitu Anda memperbaiki dan menyesuaikan perencanaan kota suatu kota atau daerah, Anda akan menemukan hal itu secara positif mencerminkan sikap masyarakat, persepsi tentang lingkungan mereka, dan sebagai imbalannya Anda akan menemukan Anda meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Al-Ghamdi. 

 

Di sepanjang tepi laut Jeddah, akan terdapat distrik pantai yang menawarkan kawasan pejalan kaki yang menghubungkan pengunjung dengan banyak fasilitas hiburan, rekreasi dan makanan. Sementara, distrik olahraga akan mencakup taman, halaman, dan alun-alun untuk mendorong penduduk menjaga gaya hidup sehat dan aktif.

Distrik budaya dan kreativitas yang dinamis di Jeddah akan berfungsi untuk mempromosikan dan mendukung seni, inovasi, dan keberlanjutan. Kemudian, ada distrik kesehatan yang menawarkan pusat kesehatan, klinik, dan fasilitas penelitian.

Terakhir, distrik pusat di Jeddah akan berfungsi sebagai hub bagi wisatawan lokal dan internasional, memungkinkan mereka untuk merasakan suasana kosmopolitan. Al-Ghamdi mengatakan bahwa kota ini telah berkembang selama berabad-abad tetapi selalu ada masalah kritis dengan perencanaan kota.

“Jika Anda meningkatkan transportasi umum, menyediakan akses mudah ke fasilitas seperti taman dan layanan di kawasan, mengintegrasikan ruang hijau ke dalam rencana, memelihara pemeliharaan ruang kota dan ruang publik berdasarkan kebutuhan dan persyaratan penghuni, maka Anda akan meningkatkan kualitas kehidupan bagi penduduk kota,” kata Al-Ghamdi.

 

https://www.arabnews.com/node/2031396/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement