Selasa 01 Mar 2022 19:24 WIB

 Raja Salman Kirim Lebih dari 50.000 Mushaf Alquran untuk Muslim Thailand

Mushaf Alquran tersebut dicetak oleh Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Uthman Taha, pembuat kaligrafi resmi Alquran di Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Alquran di Madinah.
Foto: Arab News
Uthman Taha, pembuat kaligrafi resmi Alquran di Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Alquran di Madinah.

IHRAM.CO.ID,  BANGKOK -- Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah menyatakan apresiasinya atas hadiah 50.060 salinan Alquran dari Raja Arab Saudi. Juru bicara pemerintah Thailand, Thanakorn Wangboonkongchana, mengatakan Prayut menghargai kebaikan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud karena memberikan salinan Alquran yang dicetak di Arab Saudi kepada Muslim di Thailand.

Salinan Alquran tersebut diserahkan kepada perwakilan Thailand dalam sebuah acara pada 26 Februari 2022 di Bangkok oleh perwakilan dari kedutaan dan Kementerian Urusan Islam Saudi. Para akademisi dan pemimpin Islam dari beberapa provinsi mewakili pihak Thailand untuk menerima kitab suci tersebut.

Baca Juga

Dilansir di The Nation Thailand, Selasa (1/3/2022), salinan Alquran tersebut dicetak oleh Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran dan didistribusikan kepada umat Islam di seluruh dunia oleh Kementerian Urusan Islam Arab Saudi. Kitab-kitab suci ini biasanya dikirim kepada umat Islam di seluruh dunia sebagai hadiah sebelum bulan suci Ramadhan.

Juru bicara itu mengatakan, Arab Saudi biasa mengirim kitab suci ke Thailand bertahun-tahun yang lalu dan hadiah itu diperbarui karena kedua kerajaan telah menormalkan hubungan.

Ia menambahkan, pemberian kitab Alquran oleh raja Arab Saudi mencerminkan kerja sama dan ikatan yang baik dan penerimaan dari peran Thailand dalam mempromosikan masyarakat plural dan harmoni di antara orang-orang yang berbeda keyakinan di mata komunitas Muslim internasional.

Alquran tersebut telah diterjemahkan ke dalam 76 bahasa dan Kompleks Raja Fahd telah meningkatkan kapasitas pencetakan dari 7 juta eksemplar per tahun menjadi 20 juta eksemplar setahun. Pada akhir 2021, sekitar 345 juta eksemplar Alquran telah dicetak oleh lembaga tersebut dan lebih dari 320 juta eksemplar telah dikirim sebagai hadiah kepada umat Islam di seluruh dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement