Selasa 01 Mar 2022 22:58 WIB

Pangeran Khaled Luncurkan 72 Proyek Air dan Lingkungan di Makkah

Proyek air dan lingkungan di Makkah menelan dana Rp15 triliun

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Arab Saudi. Proyek air dan lingkungan di Makkah Arab Saudi menelan dana Rp15 triliun
Foto: Eurosport
Bendera Arab Saudi. Proyek air dan lingkungan di Makkah Arab Saudi menelan dana Rp15 triliun

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci yang juga Gubernur wilayah Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, pada Ahad (27/2) meluncurkan 72 proyek air dan lingkungan di Makkah. 

Proyek tersebut menelan biaya hingga lebih dari 15 miliar riyal (Rp 58 triliun). Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian mengatakan bahwa proyek tersebut mencakup lima untuk transmisi air desalinasi, dengan biaya lebih dari 6 miliar riyal (Rp 23 triliun), dan lima proyek lainnya untuk produksi dan penyimpanan air desalinasi, dengan biaya melebihi 4,9 miliar riyal (Rp 18,7 miliar). 

Baca Juga

Sebanyak 23 proyek transmisi dan distribusi air telah diluncurkan dengan biaya 1,1 miliar riyal bersama dengan tujuh proyek distribusi air lainnya, dengan biaya melebihi 378 juta riyal (Rp 1,4 triliun). 

Kemudian empat proyek untuk mengembangkan sumber daya air dengan biaya lebih dari 38,8 juta riyal (Rp 148 miliar). 

Dikatakan juga bahwa 26 proyek jasa lingkungan telah diluncurkan dengan biaya lebih dari 1,9 miliar riyal (Rp 7,3 triliun). Selanjutnya dua proyek untuk meningkatkan vegetasi dengan biaya 24 juta riyal (Rp 92 miliar). 

Sebelumnya, Pangeran Khaled Al Faisal juga meresmikan proyek transportasi umum di Kegubernuran Taif, pada Januari lalu. 

Proyek angkutan umum di Kegubernuran Taif terdiri dari sembilan lajur, 58 bus dan 182 titik pemberhentian. Mereka disebut melayani penerima manfaat selama 18 jam sehari.

Keberadaan angkutan umum juga akan memfasilitasi pergerakan di dalam kota, serta untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, menciptakan lapangan kerja, dan menurunkan emisi karbon dan pencemaran lingkungan.

 

Sumber: saudigazette 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement