Selasa 08 Mar 2022 11:31 WIB

Tiga Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Ramadhan

Manfaatkanlah Ramadhan ini sebaik-baiknya.

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Agung Sasongko
Ramadhan
Foto:

3.Luangkan Waktu untuk Belajar Al-Qur'an

Bagi kebanyakan orang yang memeluk Islam, pertemuan pertama mereka dengan Al-Qur'an adalah terjemahannya dalam bahasa mereka sendiri.  Terjemahan tidak sama dengan kitab aslinya, yang diturunkan dan dicatat dalam bahasa Arab.  Untuk benar-benar membuka keindahan dan berkah Al-Qur'an, seseorang harus belajar bahasa Arab.  Mulailah dengan belajar alfabet Arab.

Ada banyak buku, buku kerja, dan DVD yang tersedia untuk dijual online yang mengajarkan bahasa Arab.  Memang, Anda tidak dapat mempelajari seluruh bahasa sebelum Ramadhan dimulai.  Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah kecil dalam proses pembelajaran.  Anda juga harus terus membaca terjemahan Al-Qur'an, yang akan membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Islam Anda tentang agama.

Keburukan seperti fitnah, berbohong atau menipu hanyalah sebagian kecil dari aktivitas melanggar hukum yang dilakukan manusia. Tidak ada ruang untuk jenis kejahatan ini dalam agama Islam.

Membersihkan mereka dari hati Anda akan menghasilkan keajaiban bagi iman Anda dan membantu Anda menjalani kehidupan yang sesuai dengan Islam.  Hari puasa bahkan bisa menjadi batal karena kejelekan tertentu. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta, amalan dan kebodohan, maka Allah tidak membutuhkannya untuk meninggalkan makan dan minumnya". (Al Bukhori).

Jangan menunggu sampai Ramadhan tiba untuk meninggalkan sifat buruk Anda, lakukan sekarang untuk meningkatkan peluang diterimanya semua puasa dan ibadah Anda di bulan Ramadhan.

Keburukan lain seperti minum alkohol, mengkonsumsi obat-obatan atau terlibat dalam kegiatan melanggar hukum lainnya juga harus benar-benar dijauhi sebelum Ramadhan.  Jika Anda menunggu sampai puasa dimulai, Anda mempertaruhkan kualitas puasa Anda dan mungkin mengalami kesulitan memenuhi setiap hari puasa.

Nabi Muhammad dermawan sepanjang tahun, tetapi dia paling terbuka selama bulan Ramadhan.  Ingatlah bahwa di bulan Ramadhan setiap perbuatan baik yang kita lakukan dikalikan tujuh puluh kali lipat atau lebih.

Adalah ide yang baik untuk bermurah hati dengan kekayaan Anda sebanyak mungkin.  Ini di luar Zakat, yaitu sedekah miskin sebesar 2,5% dari kekayaan tahunan.  Bagi mereka yang tidak bisa membelanjakan uang dengan bebas, ada cara lain untuk bermurah hati.  Anda dapat bermurah hati dengan waktu Anda dengan menawarkan bantuan kepada sesama Muslim yang membutuhkan atau dengan membantu memperbaiki Masjid setempat.

Nabi Muhammad bersabda bahwa tersenyum pun termasuk sedekah.  Jadi temui saudara-saudara Muslim Anda dalam iman dengan "Assalamu Alaykum" yang hangat dan senyum dari telinga ke telinga.

Bulan Ramadhan seperti angin sepoi-sepoi yang menyejukkan malam musim panas yang terik.  Namun, secepat itu tiba, ia mengucapkan selamat tinggal terlalu cepat.  Bersiaplah untuk menyambut Ramadhan hari ini, sehingga Anda dapat memanfaatkan hari dan malam yang penuh berkah begitu tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement