Kamis 10 Mar 2022 11:15 WIB

Agar Hidup Selamat Menurut Syekh Imam Nawawi Al Bantani

Para ulama memetakan yang membuat seorang hamba selamat dunia dan akhirat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Keluarga Bahagia .  para ulama memetakan beberapa hal yang bisa membuat seorang hamba selamat dunia dan akhirat.
Foto:

Selain itu dituliskan dalam kitab Nashoihul:  

وَمَنْ لَمْ يَخْشَ قُدُوْمَهُ عَلَى اللهِ لَمْ يَنْجُ قَلْبُهُ مِنَ اْلحَرَامِ وَالشُّبُهَةِ

"Orang yang tidak takut bertemu dengan Allah (pada hari kiamat), maka hatinya tidak akan terhindar dari (perkara) haram dan syubhat,"

Kiai Arifin yang juga alumni studi Islam dan bahasa Arab Universitas Al Azhar Kairo Mesir mengatakan orang-orang yang tidak akan selamat di dunai dan akhirat adalah orang-orang yang menyepelekan hari dimana semua manusia mempertanggungjawabkan amal perbuatannya kepada Allah. Yakni pada yaumul hisab. Maka kiai Arifin mengatakan orang yang menyepelekan hari itu, ketika hidup di dunia mereka terjerumus pada perkara haram dan syubhat. 

"Orang yang takut (pada hari perhitungan) itu akan berpikir, tidak berani melakukan hal-hal haram dan syubhat. Maka kunci selamat dari berbuat haram dan syubhat adalah takut pada situasi di mana kita akan berhadapan dengan Allah, akan dihisab, dihitung amal perbuatan, baik buruk kita," katanya.

وَمَنْ لَمْ يَكُنْ آيِسًا عَنِ اْلخَلْقِ لَمْ يَبْجُ مِنَ الطَّمَعِ

"Orang yang tidak memutus harapannya kepada makhluk, maka ia akan selamat dari kerakusan," 

Kiai Arifin menjelaskan yang dimaksud memutus harapan kepada makhluk adalah agar jangan pernah menggantungkan harapan kepada manusia. Kiai Arifin mengajak agar menggantungkan harapan hanya kepada Allah yang mengendalikan segala sesuatu. Maka orang yang tidak berharap kepada makhluk akan selamat dari kerakusan, kecewa dan lainnya. 

وَمَنْ لَمْ يَكُنْ حَافِظًا عَلَى عَمَلِهِ لَمْ يَنْجُ مِنَ الرِّيَاءِ

"Barangsiapa yang tidak memelihara amalnya dari pujian orang, maka tidak akan selamat dari perbuatan Riya,"

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement