Kamis 10 Mar 2022 11:15 WIB

Agar Hidup Selamat Menurut Syekh Imam Nawawi Al Bantani

Para ulama memetakan yang membuat seorang hamba selamat dunia dan akhirat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Keluarga Bahagia .  para ulama memetakan beberapa hal yang bisa membuat seorang hamba selamat dunia dan akhirat.
Foto:

Kiai Arifin mengatakan dalam beramal haruslah semata-mata karena Allah SWT dan bukan mengharapkan pujian dari orang lain. Sebab ketika sejak awal mengerjakan suatu amal di dasari agar mendapat pujian dari orang lain maka akan mendatangkan riya yang akan merusak pahala amal tersebut. 

وَمَنْ لَمْ يَسْتَعِنْ بِاللهِ عَلَى احْتِرَاسِ قَلْبِهِ لَمْ يَنْجُ مِنَ اْلحَسَدِ

Barangsiapa yang tidak mohon pertolongan kepada Allah agar dipelihara hatinya, maka tidak akan selamat dari hasud.

Menurut kiai Arifin seorang hamba untuk bisa selalu berbuat baik, terus mengingat Allah, bersyukur, maka perlu pertolongan Allah. Sebab sejatinya setan tidak berhenti untuk menggelincirkan manusia. Maka seorang hamba sangat perlu  memohon pertolongan kepada Allah agar hati selamat dan terjaga dari keburukan. Maka menurut kiai Arifin orang yang tidak pernah memohon pertolongan Allah agar dijaga hatinya, maka akan lebih mudah disesatkan setan. Sehingga mudah dengki, iri, dan muncul penyakit hati lainnya. 

وَمَنْ لَمْ يَنْظُرْ اِلَى مَنْ هُوَ اَفْضَلُ مِنْهُ عِلْمًا وَعَمَلًا لَمْ يَنْجُ مِنَ اْلعُجْبِ . 

"Siapa yang tidak melihat kepada orang yang lebih utama ilmu dan amal saleh, maka ia tidak akan selamat dari ujub,

Kiai Arifin mengatakan adalah hal yang baik ketika seorang Muslim sering melihat orang yang memiliki ilmu lebih tinggi darinya dan amal lebih banyak darinya. Maka dengan begitu seorang hamba akan merasa tawadhu dan tidak akan ujub dengan kelebihan-kelebihan dirinya sendiri. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement