Rabu 16 Mar 2022 01:15 WIB

Lembaga Falakiyah PBNU akan Turunkan Perukyat di 50 Lokasi

Lokasi rukyatul hilal di masing-masing provinsi tersebut bisa lebih dari satu lokasi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Perukyat hilal (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penentuan) 1 Ramadhan 1443 Hijriyah secara hybrid yaitu daring dan luring pada 1 April 2022. Secara luring sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.

"Insya Allah, sidang isbat awal Ramadhan digelar secara hybrid pada 29 Sya'ban 1443 H atau 1 April 2022 M. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kemenag, Prof Kamaruddin Amin melalui pesan tertulis kepada Republika, Senin (14/3/2022).

Kamaruddin menjelaskan, jumlah peserta sidang isbat yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Beberapa di antara peserta hanya boleh berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan, misalnya ruang sidang telah disemprot disinfektan, peserta hadir berjarak lebih satu meter, peserta telah diperiksa suhu tubuh, hingga wajib menggunakan masker," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement