Selasa 15 Mar 2022 23:26 WIB

Amphuri Jatim Sambut Baik Pemberangkatan Umroh dari Bandara Juanda

Pemberangkatan umroh kini sudah bisa melalui Bandara Juanda Surabaya

IHRAM.CO.ID, SIDOARJO— Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jawa Timur memberikan apresiasi kepada forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Jatim atas terselenggaranya pemberangkatan jamaah umroh melalui Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Ketua DPD AMPHURI Jawa Timur, Muhamad Sufyan, saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa (15/2/2022), mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya pemberangkatan jamaah umroh tersebut.

Baca Juga

"Karena sekitar dua tahun ini, selama pandemi, perjalanan keluar negeri tidak diperbolehkan termasuk pelaksanaan umrah karena ada pandemi Covid-19," ujarnya.

"Antrean umroh pada 2020 sekitar 12 ribu jamaah khusus di Jatim. Kemudian pada 2021 sampai sekarang berkurang, menyusul dibukanya keberangkatan umrah oleh Kemenag sejak 8 Januari 2022. Sudah berkurang 3 ribu jamaah," katanya.

Dengan dibukanya pemberangkatan jamaah umrah dari Bandara Internasional Juanda Surabaya semakin mempercepat berkurangnya antrean jamaah tunda.

"Harapan kami hingga Syawal nanti antrean bisa berkurang menjadi 4 ribu jamaah saja," ujarnya.

Dia mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan jamaah tunda tersebut enggan untuk berangkat saat ini salah satunya karena penambahan biaya.

"Kalau sebelumnya biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp28 juta kini menjadi sekitar Rp30 juta," ujarnya.

Selain itu, kata dia, kendala lainnya yaitu vaksinasi lengkap dan juga vaksinasi meningitis yang juga harus dipenuhi oleh jamaah umroh.

"Kami berharap dengan adanya banyak kelonggaran tersebut akan meningkatkan minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umroh," ujarnya.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement