Dua Tahun Tertunda, Penyelenggaraan Haji 2022 Beri Sinyal Postif

Selasa , 22 Mar 2022, 15:50 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Setelah dua tahun lamanya keberangkatan jamaah haji Indonesia tertunda, pada tahun ini berbagai sinyal positif seakan memberikan angin segar bagi para jamaah. Terutama setelah Menag Yaqut Cholil Qoumas meyakinkan bahwa Saudi akan membuka ibadah haji bagi jamaah dari luar kerajaan. 

 

Terkait

Menag memastikan kebijakan tersebut setelah bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah. Menag juga mendiskusikan jumlah kuota haji Indonesia pada tahun ini. 

Baca Juga

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," jelas Menag, dikutip dari website resmi Kemenag, Senin (21/3/2022).

Berbagai asosiasi penyelenggara haji juga mengatakan sinyal positif ibadah haji 2022 juga sudah terlihat. Mulai dari pelonggaran prokes di Saudi hingga gelaran konferensi dan pameran haji dan umroh di Saudi. 

Ketua Umum DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Firman M Nur menyebut, pihaknya optimis jamaah haji Indonesia akan berangkat pada 2022. Sinyal positif dari otoritas Arab Saudi dikatakannya sudah terlihat. 

"Amphuri optimis haji 2022 akan terselenggara, pertama karena kondisi kelonggaran prokes dan penghapusan kewajiban PCR serta karantina untuk umroh. Tentu saja ini bil idzn (dengan izin Allah SWT)," jelasnya kepada Republika.co.id, Selasa (22/3/2022).