Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Mulai Meningkat

Selasa , 22 Mar 2022, 16:15 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Danau Kelimutu. Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Mulai Meningkat
Danau Kelimutu. Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Mulai Meningkat

IHRAM.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kepala Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu Hendrikus Rani Siga menyebut kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Danau Kelimutu di Ende, Flores, NTT mulai mengalami peningkatan hingga 20 Maret 2022 ini.

 

Terkait

"Dari data per 20 Maret, kunjungan wisman sudah menjadi 28 orang dari sebelumnya hanya tiga orang pada Februari," kata Hendrikus, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, kunjungan wisman sangat dipengaruhi oleh isu keamanan dan kesehatan yang ada di berbagai negara, termasuk Indonesia. Apalagi pandemi yang sedang melanda berimbas pada kebijakan penutupan bandara untuk penerbangan dari luar negeri.

Namun, sejak dibukanya kembali penerbangan internasional secara bertahap, angin segar mulai kembali mewarnai sektor pariwisata. Hal itulah yang membuat jumlah kunjungan wisman ke danau tiga warna itu mulai meningkat perlahan pada pertengahan Maret 2022.

Optimisme itu kian menguat seiring dengan penghapusan kebijakan pemeriksaan rapid antigen dan PCR yang menjadi salah satu syarat perjalanan dulu. Hendrikus meyakini kunjungan ke destinasi wisata, termasuk ke Danau Kelimutu akan terus meningkat.

Dalam Data Kunjungan Wisata Nusantara Analisis Pasar Wisata Alam 2022 Obyek Wisata Alam Taman Nasional Kelimutu per 20 Maret 2022, tercatat jumlah wisman pada bulan Januari sebanyak 22 orang, turun menjadi 3 orang pada Februari. Jumlah wisatawan lalu meningkat sebanyak 28 orang hingga 20 Maret 2022.

Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pada Januari sebanyak 6.412 orang, menurun menjadi 2.419 pada bulan Februari. Jumlah itu menurun lagi menjadi 2.024 hingga 20 Maret 2022.

Dengan demikian, total kunjungan wisman dan wisnus pada bulan Januari 2022 tercatat sebesar 6.434 orang, menurun menjadi 2.422 orang pada Februari 2022, lalu menurun menjadi 2.052 orang hingga 20 Maret 2022. Guna memberi kenyamanan bagi wisatawan yang akan berdampak pada jumlah kunjungan, Balai TN Kelimutu senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hendrikus menyampaikan setiap pengunjung yang masuk harus mendapatkan pemeriksaan suhu tubuh, lalu mencuci tangan. Pengunjung pun diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak selama berwisata di dalam kawasan TN Kelimutu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini