Kamis 24 Mar 2022 13:31 WIB

Kemenkes Skenariokan 550 Titik Layanan Kesehatan Haji

Layanan kesehatan itu mulai dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Makkah dan Madinah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Layanan kesehatan haji.
Foto: Mch
Layanan kesehatan haji.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA-- Kementerian Kesehatan melalui Pusat Kesehatan Haji telah menetapkan 550 titik layanan kesehatan pada musim haji tahun 2022 ini.Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengatakan, layanan kesehatan itu mulai dari Bandara King Abdul Aziz, KKHI jeddah, Makkah dan Madinah. Selain itu Pusat Kesehatan haji juga menyediakan sebanyak 507 pos kesehatan kloter.

"Dua pos di Masjidil Haram, satu Pos di Masjid Nabawi, enam pos kesehatan di Arafah, 11 Pos kesehatan di Muzdalifah dan 3 pos di Mina. Ini tim kesehatan statis,"katanya kepada Republika, Kamis (24/3/2022)

Baca Juga

Sedangkan layanan kesehatan mobile terdiri dari 16 tim emergency medical team (EMT) yang berada di lapangan selama musim haji berlangsung. Pusat Kesehatan Haji juga menyediakan kendaraan fungsional lainnya untuk membawa jamah haji yang sakit.

"Kami juga menyiagakan 24 ambulan untuk membantu kasus rujukan," katanya.

 

Budi memastikan, skenario ini dilakukan untuk mendekatkan akses kesehatan bagi jamaah. Sehingga jamaah dapat menjalankan ibadah haji tetap dalam kondisi sehat, pulang kembali ke Indonesia dengan haji yang mabrur.

"Total tenaga kesehatan yang diterjunkan sebanyak 1.832 nakes, terdiri dari dokter dan spesialis dari 9 disiplin ilmu yang bwrbeda, dokter gigi, perawat, dan twnaga kesehatan lainnya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement