Senin 28 Mar 2022 17:59 WIB

Berapa Rokaat Sholat Tarawih, Ini Penjelasannya

Jumlah rokaat sholat tarawih kerap kali memperlihatkan adanya perbedaan,

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Sholat tarawih (ilustrasi)
Foto:

Ustadz Hari menjelaskan, prinsip dalam fiqih yaitu mudahkan dan jangan dipersulit. Mana yang nyaman, mudah, dan membuat khusyuk, maka itulah yang baik. Rasulullah SAW, bila dihadapkan pada dua hal yang sama-sama tidak berdosa saat dikerjakan, maka beliau SAW mengambil yang paling mudah.

"Jadi sesuai kesepakatan saja. Yang nyaman, mudah dan khusyuk. Semua diserahkan ke jamaah masjid. Mana yang membuat mereka bisa istiqomah. Yang penting masyarakat bisa berbondong-bondong menghidupkan malam Ramadhan," tutur Ustadz Hari.

Semangat itulah yang dibawa Umar bin Khattab saat mengizinkan sholat tarawih berjamaah. Sebelum masa kepemimpinan Umar bin Khattab, sholat tarawih dilakukan secara masing-masing dan berkelompok. Umar memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang tidak baik.

"Sehingga dia mengumpulkannya dalam satu tempat dan waktu, yaitu dikerjakan di awal malam, agar semua orang, termasuk perempuan, bisa mengikuti sholat tarawih. Jadi semangatnya kebersamaan dalam menghidupkan malam-malam Ramadhan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement