Muslim Tayside dan Fife Sambut Ramadhan tanpa Pembatasan

Senin , 04 Apr 2022, 14:41 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
 Masjid Dundee di Skotlandia, Inggris, Hamza.
Masjid Dundee di Skotlandia, Inggris, Hamza.

IHRAM.CO.ID,  DUNDEE -- Para pemimpin masjid dan masyarakat di Tayside dan Fife sibuk mempersiapkan acara keagamaan menjelang Ramadhan. Ramadhan kali ini akan menjadi pertama kalinya masyarakat berkumpul untuk saling mendukung dalam jumlah besar, baik di masjid dan di rumah.

 

Terkait

Pemimpin Masjid Pusat Dundee, Bashir Chohan, mengatakan 2022 akan menjadi Ramadhan yang jauh lebih baik. "Selama penguncian pertama, Masjid ditutup. Semua orang berdoa secara individual di rumah. Tahun lalu, umat Islam mengirimkan 3.000 makanan kepada mereka yang membutuhkan di seluruh Dundee. Kami harus sangat berhati-hati karena Covid-19, tetapi segalanya lebih terbuka tahun ini," ujar dia dikutip di The Courier, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga

Ramadhan adalah tentang memberi. Muslim didorong untuk memberi amal, memperdalam hubungan mereka dengan Tuhan dan menunjukkan kebaikan.

Umat Islam mempraktikkan disiplin diri dan pengorbanan saat berpuasa. Mereka mencerminkan dan menunjukkan kasih sayang bagi saudaranya yang rentan, cacat dan miskin.

Tahun lalu, Ramadhan ditandai dengan pembatasan yang signifikan, meskipun umat Muslim diizinkan untuk menghadiri masjid untuk shalat. Pelaksanaan ibadah mengikuti aturan ketat mengingat Inggris berada pada puncak pandemi, sehingga digambarkan sebagai Ramadhan yang tidak seperti yang lain dalam sejarah.

Masjid dilarang dibuka pada April 2020 ketika kematian akibat Covid-19 melonjak.

Chohan menyebut, tahun ini masjid terbuka untuk semua orang selama 24 jamh. Pihaknya telah mengatur waktu dan kegiatan berbuka puasa, dengan menyediakan makanan untuk para jamaah dan mereka yang kurang beruntung.

Makanan yang disediakan masjid ini akan diberikan selama 30 hari Ramadhan. Mereka akan memiliki sekitar 500-600 orang yang datang untuk berbuka puasa dan makan di Masjid.  /

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini