Rabu 06 Apr 2022 17:17 WIB

Pembangunan Masjid Al Fattah Berjalan Secara Bertahap

Pembangunan Masjid Al Fattah di Dusun Kowang Desa Ngargotirto tetap berjalan.

Pembangunan masjid (ilustrasi).
Foto:

Pembangunan Masjid Al Fattah di Dusun Kowang sesuai rencana dapat menghabiskan Rp1,3 miliar, karena juga untuk pembangunan talud di belakang masjid yang kondisi lahan tebing curam agar tidak terjadi longsor.Pembangunan Masjid Al Fattah dengan luas 12 X 15 meter persegi ini untuk kapasitas jamaah sekitar 150 orang, karena kondisinya rusak dan rawan longsor lahan di belakang masjid dibangun talud terlebih dahulu. Pembangunan talud saja diperkirakan menelan dana sekitar Rp300 juta dengan tinggi sekitar sembilan meter dengan panjang sekitar 30 meter.

"Pembangunan terus berlangsung dilakukan secara tahap dan kini sudah membangun talud dan pondasi bangunan utama masjid," katanya.

Sementara itu, pembongkaran Masjid Al Fattah di Dusun Kowang tidak mengganggu kegiatan ibadah warga sekitar pada bulan Ramadhan ini. Warga justru sangat antusias menjalankan ibadah Shalat Tarawih.Menurut Muhammad Soleh (47) selaku Iman Masjid Al Fattah Dusun Kowang meski Masjid Al Fattah dalam tahap pembangunan, tetapi kegiatan keagamaan masih berjalan dengan baik dan dipindahkan ke rumah kosong milik warga.Masyarakat tetap antusias melaksanakan ibadah shalat lima waktu dan Tarawih di rumah kosong milik warga itu, bisa menampung sekitar 100 jamaah.

"Jadi shalat lima waktu dan Shalat Tarawih berjamaah pada bulan puasa tetap berjalan seperti biasa, hanya selama pembangunan masjid tempat ibadah dipindahkan di rumah kosong atau berjarak sekitar 50 meter tidak jauh dari rumah ibadah itu," katanya.

Bahkan, anak-anak yang belajar mengaji Al Quran juga dilaksanakan di rumah kosong itu. Pihaknya berharap banyak donatur yang membantu memberikan sumbangan untuk pembangunan Masjid Al Fattah di Dusun Kowang ini.*

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement