Arab Saudi Luncurkan Inisiatif Digital Promosikan Kurma Secara Global

Kamis , 07 Apr 2022, 16:57 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Ani Nursalikah
 Pedagang kurma di kompleks pemakaman 70 syuhada, Jabal Uhud, Madinah, Arab Saudi. Arab Saudi Luncurkan Inisiatif Digital Promosikan Kurma Secara Global
Pedagang kurma di kompleks pemakaman 70 syuhada, Jabal Uhud, Madinah, Arab Saudi. Arab Saudi Luncurkan Inisiatif Digital Promosikan Kurma Secara Global

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- National Center for Palms and Dates telah secara resmi meluncurkan platform "Saudidates", sebuah pasar elektronik bisnis-ke-bisnis yang inovatif, yang diklaim nyaman dan efisien  untuk jual-beli kurma secarsa global. Melalui ini, konsumen di seluruh dunia dapat membeli kurma dalam jumlah besar dari penjual di Kerajaan.

 

Terkait

Platform ini diluncurkan baru-baru ini di bawah slogan “Tanah Air Kurma,” yang menggambarkan kurma sebagai produk nasional yang terkait erat dengan sejarah Arab Saudi. Ini bertujuan menampilkan sejarah panjang Kerajaan di sektor ini.

Baca Juga

“Kami meluncurkan platform Saudidates, yang mengumpulkan buah kurma terbaik dalam satu pasar elektronik untuk menyebarkan warisan kami ke dunia," kata CEO NCPD Mohammed Al-Nuwairan di akun Twitter-nya, dilansir di Arab News, Kamis (7/4/2022).

Dia mengatakan peluncuran platform itu untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan ekspor nasional Kerajaan untuk mengakses pasar global. Platform ini terdiri dari tiga komponen teknis: Outlet pemasaran yang mencakup semua pedagang kurma yang memiliki merek Saudidates, selain produk dan turunannya;  toko untuk menjual kurma dan produknya kepada konsumen;  dan gudang untuk menyimpan produk pedagang dan mengantarkannya ke konsumen.

Kerajaan sekarang mengambil langkah-langkah penting untuk menempatkan dirinya sebagai pengekspor kurma terbesar di dunia dengan menembus pasar konsumen global untuk mencapai visi Kerajaan meningkatkan ekspor non-migas.

Arab Saudi adalah salah satu pemimpin dunia dalam produksi kurma, dengan lebih dari 31 juta pohon palem dan volume produksi lebih dari 1,5 juta ton varietas kurma yang berbeda. Pemilik toko Dates Palms di Jeddah Abdulrahman Al-Hamdan menyambut baik keputusan NCPD untuk mengekspor kurma Saudi secara internasional melalui platform lokal resmi.

“Ya, kurma Saudi dengan segala jenisnya telah mencapai pasar internasional, tetapi itu dilakukan melalui berbagai upaya oleh pedagang lokal dan perusahaan swasta. Sekarang, platform 'Saudidates' akan membantu kami menjual produk kami ke luar negeri dengan jaminan," katanya. 

 

Dia mengatakan ekspor kurma ke luar negeri akan merevitalisasi petani kurma di Arab Saudi, menjelaskan mengekspor produk apapun adalah langkah yang baik untuk pengembangan pertanian di satu sisi, dan kebangkitan ekonomi Saudi di sisi lain.

“Kami sangat bangga meluncurkan platform ‘Saudidates’, platform pemerintah tepercaya yang berkontribusi untuk menghubungkan petani dan produsen kurma dengan konsumen di seluruh dunia,” ujar seorang akademisi Abdulrahman Al-Olayan.

Dia mengatakan tujuan platform itu adalah meningkatkan pemasaran dan memberi investor dan pembeli pilihan produk dan informasi tentang tanggal, termasuk jenis dan asalnya. Menurut laporan baru-baru ini dari NCPD, total pohon kurma Kerajaan mencapai 31.234.153, total produksi dalam negeri kurma adalah 1.539.755 ton, dan ekspor meningkat menjadi 215.343.005 kgm, sementara kurma Saudi diekspor ke lebih dari 107 negara.

NCPD telah meluncurkan banyak inisiatif dan program, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian, seperti mendaftarkan kurma sebagai buah super dengan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB pada 2019. NCPD berkontribusi, atas nama Arab Saudi untuk menyetujui Tahun Kurma Internasional, pada 2027. NCPD juga bekerja sama dengan FAO untuk mengumumkan Hari Kurma Internasional.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini