Jumat 08 Apr 2022 14:29 WIB

Masjidil Haram Siapkan Takjil Khusus untuk Anak-Anak

Masjidil Haram memberikan kenyamanan untuk jamaah termasuk anak-anak

Rep: Zahrotul Oktaviani, Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Masjidil Haram. Masjidil Haram memberikan kenyamanan untuk jamaah termasuk anak-anak
Foto: Balkis Press/ABACAPRESS.COM
Ilustrasi Masjidil Haram. Masjidil Haram memberikan kenyamanan untuk jamaah termasuk anak-anak

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan anak-anak untuk kembali mengunjungi Dua Masjid Suci selama Ramadhan. Kini, kerajaan juga meluncurkan inisiatif baru yakni menyedikan takjil khusus anak-anak.  

Menurut Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Inisiatif untuk memberikan anak-anak pengunjung Masjidil Haram di Makkah dengan makanan berbuka puasa khusus adalah untuk memastikan keselamatan mereka selama Ramadhan. 

Baca Juga

“Anak-anak dan keluarga mereka diberitahu tentang inisiatif tersebut dan diberikan hadiah pada peluncuran tersebut,” kata Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dilansir dari Arab News, Jumat (8/4/2022). 

Anak-anak jamaah di Masjidil Haram akan menerima paket buka puasa. Paket tersebut berisi makanan kering dan sebuah gelang berisi kontak orang tua atau wali mereka selama bulan suci untuk mencegah mereka tersesat di keramaian. 

 

Masjidil Haram sangat sibuk selama Ramadhan karena umat Islam berusaha meningkatkan ibadah dan kedekatan mereka dengan Tuhan. 

“Gelang dengan rincian kontak orang tua atau wali mereka sedang didistribusikan di seluruh masjid,” kata Kepala Departemen Peziarah Muda, Fahd bin Salem Al-Hatirshi. 

Sementera itu, Kerajaan Arab Saudi berupaya memanfaatkan teknologi yang sangat canggih, untuk memberikan fasilitas dan layanan terbaik bagi para peziarah dan jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Fasilitas ini termasuk dua stasiun pendingin terbesar di dunia yang dipasang di Masjidil Haram. Pemasangan ini bertujuan untuk memastikan jamaah melakukan ritual mereka dalam suasana sejuk dan segar di dalam masjid.

Pemasangan tersebut juga berperan dalam menjernihkan udara di Masjidil Haram, serta menyejukkan dan mendinginkan suasana selama bulan suci Ramadhan, yang merupakan puncak musim umroh.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci berusaha memastikan udara segar di dalam Masjidil Haram menggunakan teknologi pemurnian udara sinar ultraviolet. Mereka juga membersihkan AC di dalam Masjidil Haram sembilan kali sehari, sebelum melepaskan udara yang dirawat dengan baik ke dalam masjid. 

 

Sumber: arabnews

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement