Kamis 14 Apr 2022 13:31 WIB

Haji Furoda Dinilai Bisa Jadi Solusi Kurangi Antrian

Haji furoda merupakan Haji resmi bukan Haji ilegal.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Haji Furoda (ilustrasi)
Foto:

Menurutnya haji furoda menjadi solusi yang terbaik bagi jamaah jika ingin cepat melaksanakan ibadah haji. Tidak perlu melihat masalah harga untuk cepat menyempurnakan rukun Islam ini.

"Jadi furoda ini memang sebuah pilihan yang bagus," katanya.

Trik memastikan bahwa Haji furoda merupakan Haji resmi bukan Haji ilegal. Untuk itu jamaah yang memiliki kemampuan secara finansial tidak perlu lagi ragu membeli haji furoda.

"Karena ini juga merupakan haji resmi cuman ya memang kuota terbatas. Jadi harus paham juga tentang karakteristik haji furoda ini," katanya.

Tri menuturkan, harga paket haji furoda untuk tahun ini adalah sekitar 18 ribu dollar sampai dengan 22 ribu dollar untuk satu kamar kuat. Kamar kuat ini artinya, satu kamar diisi oleh 4 jamaah.

Tri menegaskan, yang bisa menyelenggarakan atau memberangkatkan jamaah haji furoda adalah penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang sudah memiliki izim penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK). Lalu bagaimana PPIU yang belum PIHK?.

"Tetentu secara aturan dia tidak boleh memberangkatkan. Caranya biasanya dikoordinasi dengan asosiasi, jadi PPIU bisa tergabung ke dalam PIHK-PIHK yang ada di asosiasi," katanya.

Tri memastikan pengurusan visa Haji furoda ini tidak bisa dilakukan oleh travel  yang belum memiliki izin sebagai penyelenggara haji khusus. Untuk itu pihak travel yang belum memiliki izin haji khusus bisa bergabung kepada travel yang sudah memiliki izin.

 

"Pengurusan haji furoda ini terkait dengan visa furodanya memang muassasah mensyaratkan PIHK," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement