Senin 02 May 2022 15:50 WIB

Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Kemenangan Usai Ramadhan

Selama Ramadhan seorang hamba ditempa untuk mencapai taqwa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam menunaikan sholat Idul Fitri 1443 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022). Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Kemenangan Usai Ramadhan
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Umat Islam menunaikan sholat Idul Fitri 1443 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022). Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Kemenangan Usai Ramadhan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim di berbagai belahan dunia tengah merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H. Selain berarti kembali berbuka atau makan dan minum, Idul Fitri juga bermakna kembali kepada kesucian dan hari kemenangan.

Sebab, sebulan penuh yakni pada Ramadhan, seorang hamba ditempa untuk mencapai derajat muttaqin atau orang yang bertaqwa. Namun, seperti apa tanda orang-orang yang meraih kemenangan pasca-Ramadhan dan Idul Fitri?

Baca Juga

Direktur Pusat Studi Konsultasi dan Hukum Islam UIN Raden Mas Said Surakarta yang juga pengajar Pondok Pesantren Al Muayyad Mangkuyudan KH. Mustain Nasoha menjelaskan ada 10 tanda orang yang berhasil meraih kemenangan pasca-Ramadhan. Ini sebagaimana dinukil dari Hasyiyah Syekh Zadah ala Tafsir Baidhowi

1. Semakin baik pada orang tua

 

Kiai Mustain menjelaskan tanda orang yang berhasil meraih kemenangan pasca-Ramadhan adalah orang tersebut semakin berbuat baik pada orang tua. 

"Jadi setelah Ramadhan semakin semangat untuk berbuat baik pada orang tua, itu berarti dia sukses mendapatkan hari kemenangan," kata Kiai Mustain kepada Republika.co.id melalui pesan singkat beberapa hari lalu.

2. Belas kasih kepada orang lain

Orang yang meraih kemenangan tandanya orang tersebut meninggalkan untuk melakukan aniaya. Orang itu sangat punya hati belas kasihan, rahmah, mencintai orang kain sebagaimana atau lebih dari pada mencintai dirinya sendiri.

3. Jauh dari ghibah

Orang yang mendapatkan hari kemenangan itu adalah orang tersebut semakin atau tidak melakukan ghibah. 

4. Rindu mengerjakan amal saleh

Orang yang mendapat hari kemenangan akan cenderung semakin tidak mencintai dunia, justru ia akan semakin rindu kepada akhirat, atau rindu mengerjakan amal saleh

5. Banyak berdzikir

Orang yang meraih kemenangan setelah Ramadhan akan semakin banyak berdzikir kepada Allah dalam setiap harinya. 

6. Sabar

Orang yang meraih kemenangan itu akan semakin  sabar ketika mendapat musibah dari Allah SWT. 

7. Senantiasa menjaga hati

Orang yang meraih kemenangan itu semakin menjaga kesucian hatinya. Maksudnya adalah menjauhkan diri dari penyakit-penyakit hati seperti ujub, riya, takabur, kikir, tamak, dan lainnya. 

8. Istiqamah bertadarus

Orang yang meraih kemenangan pasca-Ramadhan akan senantiasa mengistiqamahkan ibadah membaca atau bertadarus Alquran pada hari-hari di bulan lainnya.

9. Ikhlas

Orang yang meraih kemenangan usai Ramadhan akan semakin ikhlas di dalam melakukan segala ibadah, yakni semata-mata karena Allah SWT.

10. Mampu menahan nafsu

Orang yang meraih kemenangan akan mampu mengendalikan nafsunya sehingga setiap tindakannya terhindar dari kemaksiatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement