Keterusiran Iblis Menjadi Materi Tausiyah Subuh Bimtek Petugas Haji

Jumat , 20 May 2022, 18:03 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Keterusiran Iblis Menjadi Materi Tausiyah Subuh Bimtek Petugas Haji. Foto:   Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)
Keterusiran Iblis Menjadi Materi Tausiyah Subuh Bimtek Petugas Haji. Foto: Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Petugas pembimbing ibadah haji, KH Nu'man mengatakan, iblis merupakan mahluk Allah SWT yang pertama kali diciptakan. Dan iblis pernah menjadi imam dari para malaikat, karena iblis telah mampu menjaga nafsunya menjaga dirinya sehingga dia beribadah terus.

 

Terkait

"Kalau malaikat tidak punya nafsu, karena itulah selama-lamanya dia (malaikat biasa saja bertasbih," kata KH Nu'man Khumaidi saat memberikan tausiyah subuh kepada peserta bimbingan teknis (bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Masjid Al-Mabrur asrama haji Pondok Gede, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

KH Nu'man mengatakan, kenapa malaikat terus-terusan beribadah, karena malaikat tidak punya nafsu, maka dia tidak pernah ngantuk, sehingga tidak tidur, dia tidak lapar meskipun tidak makan. Dia tidak akan haus sehingga tidak minum 

"Tetapi iblis itu punya nafsu dalam keadaan sehingga derajatnya di angkat Allah SWT," katanya.

Tetapi Allah SWT mengujinya dengan menciptakan mahluk baru yang terbuat dari tanah itu dari saripati tanah, maka iblis berubah sikap, iblis merasa lebih tinggi dari Adam lebih mulia dari Adam. Iblis menolak perintah Allah ketika disuruh sujud kepada Adam dan mengataka. 

"Saya lebih dari adam, jangan disuruh-suruh ya Allah, tidak akan mau saya dan tidak mau sujud kepada Nabi Adam dia hanya mau sujud pada Allah," katanya.

KH Nu'man menegaskan bahwa iblis seorang yang berketuhanan. Namun karena dia berbangga diri dan sombong akhirnya dia diusir oleh Allah SWT dari surga.

"Iblis adalah mahluk yang berketuhanan Hang Mha Esa tapi itulah yang menelantarkan iblis," katanya.

KH Nu'man mengatakan, kafirnya iblis bukan karena tidak percaya kepada Allah SWT, akan tetapi tidak taat kepada perintah Allah SWT untuk bersujud pada Nabi Adam. 

"Nah ini kemudian setelah itu Allah melaknat iblis," katanya.

Setelah Allah SWT melaknat dengan mengeluarkan iblis dari surga, maka iblis meminta kepada Allah SWT untuk dipanjangkan umurnya sampai hari pembalasan. Dan Allah SWT mengabulkan permintaannya. 

"Setelah dilaknat Allah ternyata masih berdoa kepada Allah. Wahai Allah berilah kesempatan hidup sampai hari pembalasan ternyata doa iblis itu di kabulkan oleh Allah," katanya.

Setelah dikabulkan permintaannya, iblis mulai menggoda Adam sampai sekarang. Tanda godaan iblis, semua yang dilarang Allah SWT dijadikannya terasa indah.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini