Di Abu Dhabi, Volume Sampah Selama Ramadhan dan Idul Fitri 100 ribu ton Lebih

Rabu , 25 May 2022, 05:58 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Total volume sampah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2022 mencapai lebih dari 101.570 ton sampah. Otoritas setempat, Pusat Pengelolaan Sampah Abu Dhabi (Tadweer) mengumpulkan sampah tersebut sebagai bagian dari rencana aksi terpadu selama periode itu.

 

Terkait

Rencana ini melibatkan kampanye kesadaran terkonsentrasi yang sejalan dengan komitmen Pusat untuk menyediakan layanan sesuai dengan standar tertinggi dan menjaga lingkungan yang sehat dan aman di Emirat Abu Dhabi.

Baca Juga

"Hasil yang dicapai selama Ramadhan dan Idul Fitri mencerminkan komitmen pusat untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan berkelanjutan bagi masyarakat di Abu Dhabi," kata Direktur Jenderal Tadweer, Dr Salem Khalfan Al Kaabi, seperti dilansir Khaleej Times, Selasa (24/5/2022).

Dia menjelaskan, upayanya selama ini termasuk memastikan kebersihan fasilitas umum dan tempat untuk kegiatan dan perayaan, dan berkoordinasi dengan otoritas terkait. Ini dilakukan untuk menyediakan layanan pengumpulan sampah kota, sanitasi, dan pengendalian hama yang sejalan dengan visi Tadweer.

"Yaitu untuk mencapai sistem yang berkelanjutan untuk pengelolaan limbah dan pengendalian hama di Abu Dhabi," tambahnya.

Dalam hal layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah kota, Tadweer telah bekerja sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan layanan sanitasi publik, termasuk pengumpulan sampah manual dan otomatis, layanan penyapuan dan pembuangan limbah rumah potong hewan umum.

Hal itu dicapai dengan meningkatkan jumlah pekerja sanitasi, kontainer, peralatan kebersihan, dan kendaraan pengangkut limbah di seluruh emirat untuk menyediakan layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah kota dan padat, serta layanan sanitasi publik.

Sebanyak 90.620 ton sampah dikumpulkan secara harian selama Ramadhan, dan 10.950 ton sampah yang dikumpulkan selama Idul Fitri. Jumlah ini menunjukkan peningkatan 4,17 persen dibandingkan hari-hari biasa dan peningkatan 2,53 persen dibandingkan tahun lalu.

Tadweer menugaskan 260 tenaga ahli, 255 kontainer, dan 55 kendaraan selama Ramadhan dan Idul Fitri untuk memastikan ketersediaan layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah, serta layanan sanitasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini