Kamis 26 May 2022 16:30 WIB

Agar Tetap Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Tak sedikit dari kita yang ingin tetap menjaga semangat ibadah seperti saat Ramadhan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit dari kita yang ingin tetap menjaga semangat ibadah seperti saat Ramadhan. Lalu seperti apa kiatnya agar bersemangat menjalankan berbagai ibadah pasca Ramadhan?

Pendakwah yang juga alumni Al Azhar Kairo, ustaz Abdul Somad memberikan beberapa kiat agar seseorang kembali bersemangat untuk melakukan ibadah. Diantara pertama, mengunjungi orang yang sakit. UAS mengatakan melihat orang sakit itu akan mengingatkan diri yang diberikan kesehatan. Orang yang mendapati saudaranya sakit lalu datang mengunjunginya, maka orang tersebut akan tersadar akan nikmat dan karunia Allah berupa kesehatan yang diberikan padanya untuk beriabdah kepada Allah. 

Baca Juga

Selain itu yang kedua, kiat agar bersemangat beribadah adalah dengan mengiringi jenazah. Hal ini dapat meningkatkan semangat untuk lebih memperbanyak ibadah. 

"Kalau ada yang meninggal, iringi jenazahnya. Bagus sekali kalau sampai liang lahat. Siapa yang mengiringi jenazah sampai liang lahat dia dapat dua qirath. Apa dua qirath itu? Kata nabi: seperti dua bukit uhud yang besar. Jadi dengan melihat orang yang meninggal itu membangkitkan semangat kita untuk beribadah," kata UAS dalam program tanya jawab kajian Syawal yang disiarkan secara daring melalui kanal resmi YouTube Ustaz Abdul Somad Official pada Kamis (12/5).

Ketiga, kiat agar bisa kembali bersemangat beribadah adalah dengan bermuhasabah. Menurut ustaz Somad orang yang bermuhasabah dan bertafakur jauh lebih baik dibanding dengan orang yang sholat tahajud sepanjang malam. Sebab orang-orang yang bermuhasabah dan bertafakur akam berpikir tentang dirinya dan dosanya. Hal ini akan lebih memotivasi seseorang untuk beribadah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement