Rabu 01 Jun 2022 23:48 WIB

Ratusan Calhaj di Majalengka Ikuti Pelatihan Manasik Haji

Pelatihan manasik haji untuk calhaj Majalengka agar mereka terlatih

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi). Pelatihan manasik haji untuk calhaj Majalengka agar mereka terlatih
Foto: Republika/Musiron
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi). Pelatihan manasik haji untuk calhaj Majalengka agar mereka terlatih

IHRAM.CO.ID, MAJALENGKA – Sebanyak 533 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Majalengka mengikuti bimbingan manasik haji, Rabu (1/6/2022). Mereka termasuk ke dalam gelombang I dan gelombang II penerbangan ke Tanah Suci.

Dalam kesempatan itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengingatkan para calhaj untuk senantiasa menjaga kesehatan lahir dan batin. Apalagi, pelaksanaan haji tahun ini belum normal sepenuhnya karena masih dibayangi pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Para calon jamaah haji juga jangan lupa memahami rukun, sunah serta larangan haji dan umroh, agar mendapatkan predikat haji yang mabrur,’’ kata Karna.

Karna mengungkapkan, untuk membantu mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Pemkab Majalengka sudah menugaskan petugas pendamping haji daerah.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelayanan PCR Covid-19 secara gratis, mengantarkan jamaah berangkat dan pulang dengan bus gratis serta pemberian batik dan syal.

Instansi yang terkait di lingkungan Pemkab Majalengka juga diminta untuk membantu dan memberikan kemudahan bagi para calhaj Majalengka. "Jika dipersulit, silakan laporkan ke saya,’’ kata dia.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka, Mulyadi, menjelaskan sebanyak 533 calhaj asal Kabupaten Majalengka itu terbagi menjadi dua kelompok penerbangan (kloter).

Yakni, kloter 11 yang terdiri dari 404 orang. Mereka masuk gelombang I dan akan berangkat pada 11 Juni 2022.

Selain itu, kloter 39 yang terdiri dari 129 orang. Mereka masuk gelombang II dan akan berangkat pada 29 Juni 2022. Mereka akan digabung dengan calhaj dari Kabupaten Bogor.

Mulyadi menyebutkan, sebelum di tingkat kabupaten, bimbingan manasik haji sebelumnya dilakukan di tingkat kecamatan yang berlangsung di delapan titik. Sedangkan hari ini, manasik massal yang akan dilaksanakan selama dua hari.

"Terima kasih kepada Pemkab Majalengka yang telah peduli dan memberikan perhatian yang luar biasa bagi calon jamaah haji Majalengka,’’ ujar dia. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement