Kamis 02 Jun 2022 14:46 WIB

Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Indonesia Laksanakan Umroh

Rombongan petugas haji tampak leluasa memasuki Masjidil Haram.

Rep: Ahmad Syalaby Ichsan/ Red: Ani Nursalikah
Suasana jamaah yang sedang umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (1/6/2022). Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Indonesia Laksanakan Umroh
Foto:

Meski demikian, jamaah bisa berada pada jarak sekitar tiga meter dari area Multazam (daerah diantara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah). Tawaf pun masih bisa dilakukan dengan lengang dan nyaman mengingat belum dimulainya musim haji.

Setelah menjalankan prosesi tawaf, para petugas menunaikan sholat sunah dengan menghadap ke Multazam. Suasana khusyuk begitu terasa mengingat mereka sudah berada amat dekat dengan Rumah Tuhan. Mereka pun memanjatkan doa masing-masing di tempat dimana segenap permohonan akan diijabah Allah SWT itu.

Rombongan petugas melaksanakan sa'i atau lari-lari kecil dari Bukit Shafa menuju Marwah bolak balik sebanyak tujuh kali. Lintasan sa'i tampak lebih padat dibanding area tawaf. Tampak pula rombongan jamaah dari Indonesia yang sedang melaksanakan umroh.

Rombongan petugas pun mengakhiri prosesi umroh dengan melaksanakan tahalul atau potong rambut minimal tiga helai. Pemandu petugas dari Kementerian Agama (Kemenag) M Khoeron berharap para petugas bisa merasakan pengalaman berharga saat memasuki Masjidil Haram pascapandemi.

Kondisi terbaru Tanah Suci pun bisa diceritakan kepada jamaah menjelang musim haji. "Bahwa sekarang kondisi Masjidil Haram tidak seketat saat pandemi," jelas Khoeron.

Khoeron yang sepanjang prosesi umroh memandu ibadah dan doa para petugas pun mengungkapkan, beratnya prosesi haji bagi jamaah. Untuk itu, mereka diminta untuk menyiapkan fisik dan mental sebelum melalui rangkaian ibadah rukun Islam kelima di tengah teriknya suhu di Tanah Suci.

Terlebih, ujar Khoeron, bagi jamaah lanjut usia (lansia) dan berkategori risiko tinggi (Risti). "Karena itu mengapa ada kampanye haji usia muda," ujar dia.

photo
Suasana jamaah yang sedang umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (1/6/2022). - (Republika/Ahmad Syalaby Ichsan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement