Kamis 02 Jun 2022 19:32 WIB

11 Dokter Spesialis Kawal Kesehatan Jamaah Haji

Kesehatan jamaah haji dikawal 11 dokter spesialis.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 11 Dokter Spesialis Kawal Kesehatan Jamaah Haji. Foto:  Kementerian Kesehatan resmi melepas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan tahun 1443 Hijriyah/2022 di lapangan utama Kemenkes, Selasa (31/5/2022).
Foto:

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha berharap petugas kesehatan aktif melayani jamaah haji. Pesan itu disampaikannya saat melepas petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang Kesehatan, di lapangan Kemenkes, Selasa (31/5).

"Saya mengharapkan peran saudara-saudara sekalian, selain memberikan pelayanan kuratif, untuk terus melakukan pendampingan upaya preventif dan promotif agar kondisi kesehatan para jemaah dapat terjaga dengan baik sehingga mengurangi risiko kematian," kata Kunta. 

Kunta mengatakan, pada oprasional haji tahun ini, petugas akan menghadapi penyelenggaraan kesehatan haji pada masa pandemi COVID19, tentunya kondisi tersebut berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Penerapan protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan COVID-19 merupakan hal yang sangat mandatory, baik untuk petugas terlebih kepada jemaah haji. 

"Oleh karena itu saya berharap agar petugas kesehatan dapat menjadi pionir dan memberikan contoh yang baik kepada jamaah dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Tentu saja, kata dia semua, berharap jamaah dan petugas kita semua terbebas dari COVID-19 baik pada saat keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air. Kemudian saya juga menghimbau kepada para petugas PPIH sekalian untuk mewaspadai perubahan cuaca ekstrim di Arab Saudi yang diperkirakan pada Bulan Juni-Juli suhunya akan lebih panas daripada kondisi biasanya.

"Oleh karena itu, terus lakukan edukasi dan ingatkan jamaah untuk banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi," katanya.

Kunta meminta, kegiatan berupa gerakan minum bersama dengan slogan #jangantungguhaus harus benar-benar dipastikan dilakukan, serta terus mengingatkan. Tujuannya agar jamaah dapat membatasi aktivitas fisik di luar ruangan. 

"Saudara-saudara sekalian adalah petugas, bukan jamaah haji, jadilah petugas yang amanah dan professional. Embanlah amanah Allah ini dengan sebaik-baiknya, tawakal, sabar dengan senantiasa selalu mengharap RidhoNya," katanya.

"Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, dengan ini saya melepas secara resmi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2022. Semoga usaha kita agar pelaksanaan haji tahun ini jauh lebih baik senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT, dan para petugas serta jemaah dapat kembali ke tanah air dan keluarga dengan selamat dan sehat wal afiat,"

Pada kesempatan ini, kunta ertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita berada dalam keadaan sehat wal afiat untuk mengikuti acara “Pelepasan PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2022.” 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement