Disediakan Makan, Calon Jamaah Haji Diminta tak Bawa Beras dan Penanak Nasi

Kamis , 02 Jun 2022, 22:53 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Disediakan Makan, Calon Jamaah Haji Diminta tak Bawa Beras dan Penanak Nasi. Foto:  Juru masak sedang memasak tempe dan tahu bacem serta masakan Indonesia lainnya di dapur perusahaan katering Ahla Zad di kawasan Zaidi, Makkah, Jumat (19/7/2019). Masakan Indonesia ini dimasak oleh juru masak asal Indonesia dan masakannya akan dinikmati oleh jamaah haji asal embarkasi Solo di Hotel Kiswah, kawasan Jarwal.
Disediakan Makan, Calon Jamaah Haji Diminta tak Bawa Beras dan Penanak Nasi. Foto: Juru masak sedang memasak tempe dan tahu bacem serta masakan Indonesia lainnya di dapur perusahaan katering Ahla Zad di kawasan Zaidi, Makkah, Jumat (19/7/2019). Masakan Indonesia ini dimasak oleh juru masak asal Indonesia dan masakannya akan dinikmati oleh jamaah haji asal embarkasi Solo di Hotel Kiswah, kawasan Jarwal.

IHRAM.CO.ID,INDRAMAYU – Para calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Indramayu diminta tak perlu membawa beras maupun peralatan memasak ke Tanah Suci. Pasalnya, makan maupun minum mereka telah terjamin selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

 

Terkait

 Hal itu disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, saat kegiatan Bimbingan Manasik Haji Massal Kabupaten Indramayu, di Islamic Center setempat, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga

 ‘’Tidak perlu repot bawa beras dan penanak nasi, makanan dan minuman semua sudah disiapkan. Fokus ibadah saja,’’ kata Wahyudin.

 Selama ini, banyak calhaj asal Kabupaten Indramayu yang membawa beras maupun peralatan memasak untuk kebutuhan makan di Tanah Suci. Namun pada tahun ini, mereka tak perlu membebani diri sendiri dengan membawa barang bawaan yang berat, termasuk membawa beras dan peralatan masak.

 Hal senada diungkapkan anggota Komisi VIII DPR RI, Selly Andriany Gantina. Wakil rakyat dari Dapil VIII Jawa Barat (Cirebon-Indramayu) itu sengaja hadir dalam acara Manasik Haji Massal untuk menyaksikan langsung kesiapan pemberangkatan haji di Kabupaten Indramayu.

 ‘’Semua makan dari mulai berangkat sampai pulang, ditanggung negara,’’ tukas Selly.

Selain itu, Selly pun berpesan agar para calhaj mentaati peraturan yang berlaku selama pelaksaan ibadah haji di Arab Saudi. Apalagi, saat ini masih berlaku masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Sebanyak 817 orang calhaj asal Kabupaten Indramayu akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Mereka terbagi ke dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 17, kloter 40 dan kloter 42.

Wahyudin menyebutkan, untuk kloter 17, terdiri dari 410 calhaj. Mereka dijadwalkan berangkat dari Indramayu pada Selasa, 14 Juni 2022, pukul 10.00 WIB menuju Asrama Haji Bekasi.

Selanjutnya, mereka akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta (take off) pada Rabu, 15 Juni 2022 pukul 19.00 WIB.

Untuk kloter 40, terang Wahyudin, juga terdiri dari 410 calhaj. Mereka rencananya akan berangkat dari Indramayu pada Rabu, 29 Juni 2022, pukul 10.00 WIB menuju Asrama Haji Bekasi.

Mereka akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta (take off) pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 15.00 WIB.

‘’Sedangkan kloter 42, hanya terdiri dari enam orang calhaj. Mereka akan bergabung dengan calhaj dari daerah lainnya,’’ terang Wahyudin.

Keenam calhaj itu dijadwalkan berangkat dari Indramayu pada Kamis, 30 Juni 2022, pukul 15.00 WIB menuju Asrama Haji Bekasi. Mereka akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta (take off) pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 18.25 WIB. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini