Sabtu 04 Jun 2022 13:08 WIB

Dengar Kisah Penjual Pecel Asal Pati Berangkat Haji, Ganjar Terharu

Siti Indasah hanya berpenghasilan bersih Rp 100.000 per hari berjualan pecel.

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Foto:

Kepada gubernur, Siti Indasah mengungkapkan, sudah lama punya  keinginan berangkat ibadah haji. Niat itu ia bulatkan dengan menabung sejak belasan tahun silam. "Saya nabung pak untuk biaya haji ini selama 11 tahun," katanya. 

Siti juga mengaku penghasilannya dari berjualan pecel setiap hari rata- rata berkisaar Rp 100.000. Dari penghasilan itu, setiap hari Siti rajin menyisihkan uang Rp 10.000 untuk ditabung guna biaya berangkat ibadah haji. "Alhamdulillah seneng banget pak, sakniki saget mangkat haji (red; sekarang bisa berangkat haji)," jelasnya, dengan mata  berkaca- kaca.

Mendengar ini, orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut juga  mendoakan agar Siti menjadi haji yang mabrur. "Tak dongakke mabrur nggih bu (red; saya doakan mabrur ya bu)," katanya.

Menurut Ganjar, kisah Siti sangat menginspirasi sekaligus mengharukan. Terutama dengan semangat dan perjuangannya  untuk beribadah. "Mudah- mudahan semua juga menjadi haji yang mabrur," lanjutnya.

Kepada para jamaah, Ganjar juga memberikan pesan untuk terus menjaga kesehatan dan fisik mereka. Menurut informasi, di Arab Saudi saat ini sedang berlangsung musim panas dengan suhu udara yang bisa melebihi Indonesia.

"Kesehatannya harus dijaga. Di sana ini cuaca lagi panas sekali, maka jangan sampai dehidrasi. Para pendamping haji saya minta untuk terus rajin mengingatkan kepada jamaah soal kesehatan dan fisik jamaah ," tandasnya.

Seperti diketahui,  sebanyak 15.447 calon jamaah haji asal Jawa Tengah akan diberangkatkan ke tanah suci tahun ini. Mereka terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter). Selain calon jamaah, sebanyak 172 petugas PPIH dan 75 petugas haji daerah juga diberangkatkan pada musim haji kali ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement