Istana Shubra: Keajaiban Arsitektur Taif

Senin , 06 Jun 2022, 00:30 WIB Reporter :Ali Mansur/ Redaktur : Muhammad Hafil
Istana Shubra: Keajaiban Arsitektur Taif
Istana Shubra: Keajaiban Arsitektur Taif

IHRAM.CO.ID,MAKKAH — Istana Shubra adalah landmark bersejarah di Taif. Istana, yang saat ini disulap jadi  museum Istana Shubra itu dibangun pada tahun 1905 oleh Ali bin Abdullah bin Aoun Pasha dan pembangunannya selesai pada tahun 1907. Istana Shubra adalah salah satu dari tiga istana yang ia bangun di Taif dan raja Abdulaziz dan raja Faisal biasa tinggal di Istana Shubra setiap kali mereka mengunjungi Taif.

 

Terkait

Pengawas Pusat Sejarah Makkah, Dr. Latifa Al-Adwani mengatakan kepada Arab News bahwa Istana Shubra adalah salah satu istana bersejarah terpenting di Taif. Istana ini terletak di timur laut kota tua Taif dan ada kebun besar dan tanah subur di sekitarnya. Istana Shubra membuka pintunya untuk pengunjung pada tahun 1995.

Baca Juga

“Arsitek istana yang mengawasi pembangunannya adalah Sulaiman Bey Al-Turki. Dia membangunnya dari bahan-bahan yang tersedia di Taif seperti batu dari pegunungan Sakara, Misr, dan Al-Qaim, dan kayu juniper yang bersumber secara lokal. Konstruksi yang sangat indah,” kata Latifa Al-Adwani, dikutip dari Arab News, Ahad (5/6/2022),

Latifa Al-Adwani menjelaskan, Istana Shubra terdiri dari empat lantai di bangunan utama. Di samping ruang bawah tanah dan atap atas. Istana ini unik dengan pilar yang ditinggikan untuk memberikan privasi kepada orang-orang yang tinggal di istana. Museum ini memiliki Al-Qur'an yang berasal dari abad ke-7. Itu juga menampung sejumlah senjata, senapan sejarah dan pakaian Hijazi.

"Istana Shubra telah diubah menjadi museum regional di Taif, di mana banyak koleksi arkeologi, sejarah dan warisan ditampilkan di samping barang antik dan manuskrip serta alat tulis Islam,” jelasnya.

Lanjut Latifa Al-Adwani, kandang yang terletak di sisi barat Diwan telah disulap menjadi museum terbuka yang memajang sejumlah benda pusaka. Selain tempat makan dan minum serta peralatan untuk menggiling biji-bijian. Istana sedang menjalani renovasi untuk menjaga detail sejarah dan artistiknya. “

“Kami berharap segera dibuka untuk pengunjung setelah pekerjaan ini selesai,” tutupnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini